Kegunaan Kompresor Angin, Bukan Hanya Mengisi Angin Ban

Anda tentu sudah tidak asing dengan kompresor angin. Mesin yang dapat menghasilkan angin bertekanan tinggi ini, biasa ditemukan di tukang tambal ban, digunakan untuk menambah udara pada ban kendaraan bermotor.

Namun tahukah Anda bahwa kegunaan kompresor bukan hanya untuk mengisi angin pada ban kendaraan Anda? Kompresor juga mempunyai banyak fungsi dan digunakan di berbagai macam industri. Bentuk dan jenis kompresor juga beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Kegunaan Kompresor Angin

Kompresor merupakan mesin yang menyedot volume udara dari atmosfer menggunakan perangkat bertenaga motor listrik atau mesin diesel, untuk menghasilkan udara bertekanan tinggi.

Kompresor memiliki banyak kegunaan selain untuk mengisi angin ban kendaraan. Alat ini juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta di berbagai jenis industri. Di bawah ini beberapa fungsi kompresor angin yang perlu Anda ketahui:

  • Memasok udara bersih dan bertekanan tinggi untuk mengisi tabung gas.
  • Memasok udara bersih bertekanan sedang untuk alat selam.
  • Memasok udara bersih bertekanan sedang pada sistem HVAC pneumatik (Heating, Ventilation, dan Air Conditioning), di bangunan seperti perkantoran dan sekolah.
  • Menghasilkan udara bervolume besar dan bertekanan sedang dalam proses industri skala besar. Misalnya oksidasi untuk kokas minyak bumi atau sistem purge di pabrik semen.
  • Kompresor juga digunakan dalam industri migas, pertambangan, dan pengeboran, sebagai media pembilasan. Serta mengaerasi lumpur dalam pengeboran dan juga dalam pipa saluran udara.
  • Memasok udara untuk alat-alat seperti penyemprot cat dan paku tembak.

Cara Kerja Kompresor

Secara sederhana cara kerja kompresor angin adalah menghisap udara yang berasal dari atmosfer, kemudian dikompresi piston. Udara yang sudah terkompresi akan disimpan di dalam tangki penyimpanan. Karena udara yang masuk ke tangki penyimpanan semakin banyak, maka tekanan udara di dalam tangki akan terus meningkat.

Kemudian saat akan digunakan, regulator akan dibuka dan kompresor pun mengeluarkan udara bertekanan tinggi. Udara bertekanan tinggi ini dapat dipakai untuk keperluan pekerjaan dan industri, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Kompresor angin memiliki kegunaan yang cukup banyak untuk menunjang pekerjaan manusia. Pastikan Anda mencari tahu lebih dulu jenis kompresor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Share: