Fogging Pemberantas Nyamuk Demam Berdarah Dengue

Tindakan pengasapan atau fogging dikenal ampuh membasmi nyamuk Aedes Aegypti yang menyebarkan virus Demam Berdarah Dengue (DBD). Yang menjadi pertanyaanya adalah apakah fogging efektif membasmi nyamuk?

Fogging di Indonesia membutuhkan keahlian khusus dengan alat sederhana dan juga menggunakan obat insektisida yang dimasukan kedalamnya untuk membasmi nyamuk penyebab DBD.

Cara ini akan bermanfaat dan ampuh membunuh nyamuk jika dilakukan dengan benar walaupun menggunakan alat yang sederhana. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar fogging efektif digunakan :

1. Cek peralatan sebelum digunakan.

Walaupun mesin fogging sangat sederhana, namun perlu juga diperhatikan kualitas mesinnya. Sebaiknya di lakukan pengecekan lubang alat pemercik oleh petugas, karena jika nozzle tidak diganti dan mesin sudah terlalu lama dapat membuat asap tidak optimal dikeluarkan.

2. Dosis

Gunakan dosis obat secara tepat. Hasil pembakaran insektisida seperti solar dan malathion akan menghasilkan asap yang dapat membunuh nyamuk jika menggunakan dosis yang tepat, tetapi jika dosisnya tidak sesuai akan membuat nyamuk hanya sekedar pingsan.

3. Waktu

Sebaiknya lakukan fogging pada sekitar pukul 9.00 sampai 15.00 pada saat nyamuk terjaga, karena jika dilakukan terlalu pagi atau sore  pengasapanpun tidak akan efektif karena nyamuk bersembunyi ditempat yang sulit terjangkau oleh asap fogging.

4. Sosialisasi

Sebelum melakukan fogging beritahukan informasi ke penduduk setempat agar mempersiapkan rumahnya seperti membuka pintu kamar dan bak sampah, membersihkan barang – barang yang tidak terpakai termasuk merapikan baju yang biasanya digantung  hal itu bisa menjadi sarang nyamuk.

Ulangi seminggu kemudian aktifitas fogging untuk memberantas jentik nyamuk yang mulai berkembang.

Namun beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat fogging berlangsung sehingga menyebabkan fogging tidak memberikan hasil makasimal antara lain :

1. Menutup pintu rapat-rapat  hal ini dapat membuat asap fogging tidak maksimal masuk kedalam rumah shingga manfaat fogging tidak maksimal membasmi nyamuk.

2. tidak merapikan barang-barang dan tidak membuang barang tidak terpakai sehingga nyamuk dapat bersembunyi di tumpukan barang tesebut dan sulit dibasmi.

Dengan melakukan fogging secara benar hal ini akan efektif untuk memberantas nyamuk. Selain itu perlu juga diterapkannya tindakan 4M Plus agar mencegah nyamuk berkembang kembali setelah fogging. Gerakan 4M Plus meliputi :

* menutup dan menguras wadah air dan bak mandi

* mengubur barang bekas yang dapat menampung air

* memantau waddah air yang dapat menjadi sarang nyamuk

* menggunakan obat nyamuk dan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk

Anda dapat membantu menurunkan angka kejadian deman berdarah di Indonesia dengan melakukan fogging dengan banar dan menerapkan gerakan 4M Plus.

Share: