Peralatan Wajib Untuk Usaha Cuci Mobil

Kunci awal kesukesan adalah jangan pernah takut untuk memulai. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis, jangan takut atau khawatir saat hendak ingin memulai usaha. Khususnya usaha bidang cuci mobil Anda bisa memulai dengan modal kecil atau dari peralatan sederhana sesuai modal budget yang dimiliki. Anda pun juga harus percaya diri dan terus memotivasi untuk selalu memperbaiki diri agar selalu meningkatkan pelayanan terbaik karena pasti akan ada persaingan usaha yang anda alami.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam usaha cuci mobil? berikut teknikmart jabarkan peralatan yang perlu disediakan dalam usaha ini.

1. Kompresor

Kompresor merupakan peralatan yang wajib dimiliki dalam usaha cuci mobil. alat ini memiliki banyak fungsi dan jenisnya pun bervariasi. Oleh sebab itu, alat ini tidak hanya dipergunakan dalam usaha cuci mobil melainkan juga kerap digunakan dalam perbengkelan dan dunia industri. Dalam usaha cuci mobil alat ini digunakan sebagai penggerak hidrolik, untuk menghasilkan busa snow wash dan juga mengeringkan sela-sela kendaraan.

2. Pressure Washer

Pressure washer / mesin steam digunakan untuk memberikan tekanan penyemprotan air ke kendaraan agar dapat membersihkan kotoran yang menempel di  sela-sela  yang sulit terjangkau dan bagian lainnya.

3. Selang

Selang merupakan peralatan yang wajib ada dalam usaha cuci mobil. Alat ini berfungsi untuk mempermudah proses dalam pencucian mobil dalam menyalurkan air untuk membersihkan bagian yang ingin dibersihkan.

4. Snow Shampoo

Snow shampoo berfungsi untuk membersihkan noda baik itu noda yang mudah dibersihkan ataupn noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan air biasa. Gunakanlah shampoo khusus untuk cuci kendaraan yang berkualitas dan aman untuk cat kendaraan.

5. Sponge

Selain meningkatkan busa pada shampoo benda ini berfungsi untuk membersihkan badan mobil dengan cara menggosokan sponge yang sudah dicampurkan dengan shampoo ke seluruh badan kendaraan.

6. Semir ban

Setelah proses pencucian kendaraan, semir ban digunakan untuk merawat ban dan mempertahankan warna ban agar tidak memudar, retak-retak dan mengalami kekeringan.

7. Lap

Lap digunakan untuk melakukan proses pengeringan pada kendaraan. Mengeringkan kendaraan dengan alat ini terbilang cukup hemat dibandingkan dengan menggunkan mesin pengering.

8. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner umumnya digunakan untuk menghisap debu dan kotoran pada pekerjaan rumah tangga maupun industri, namun mesin ini juga dibutuhkan dalam usaha cuci mobil untuk menghisap debu dan kotoran bagian interior mobil seperti pada dashboard, jok, karpet dan bagian lain dalam kendaraan mobil. Sebaiknya gunakan vacuum cleaner wet and dry yang mampu membersihkan permukaan kering maupun basah.

9. Mesin hidrolik

Mesin hidrolik berfungsi untuk mengangkat mobil agar bagian bawah mobil (chasis) dapat dibersihkan dari kotoran membandel dengan leluasa. Hal ini dilakukan agar pada bagian bawah mobil (chasis) tidak membentuk kerak atau kotoran yang menyebabkan keropos/kerusakan. Mesin ini tidak wajib untuk dimiliki karena selain harganya yang mahal, anda bisa saja membeli paket usaha yang sudah disediakan oleh perusahaan penyedia alat-alat cuci mobil dan motor.

Itulah peralatan yang harus anda sediakan jika ingin membangun usaha cuci mobil. itu semua kembali lagi pada modal budget atau modal yang anda miliki, kunci utama tetap semangat dan optimis berani mengambil resiko usaha. Jika usaha sudah berjalan mulailah membeli perlengkapan dan alat-alat yang dibutuhkan.

Baca juga : Tips cara mencuci mobil yang benar


Share: