Tips Merawat Vacuum Cleaner

Tips Merawat Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner, mendengar nama alat ini sudah tak asing lagi bukan? Selain membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga, alat ini kerap juga digunakan oleh industri dan perkantoran. Dengan alat ini menjadikan pekerjaan bersih-bersih  rumah kian praktis dan efisien waktu. Agar mesin vacuum kesayangan anda dapat bekerja secara optimal maka dibutuhkan perawatan pada mesin tersebut.

Berikut teknikmart.com jabarkan apa saja yang perlu di lakukan agar alat penyedot debu tersebut awet dan tahan lama.

1. Hindari menghisap debu pada area yang masih basah

Pada vacuum cleaner jenis dry, hindari pemakaian di tempat yang masih basah atau terdapat cairan karena butiran air yang masuk dapat membuat suhu dalam mesin menjadi lembab dan menyebabkan karat.

2. Hindari menghisap partikel-partikel berukuran besar

Sebaiknya bersihkan dahulu area tertentu dari sampah atau kotoran berukuran besar agar ujung selang yang berfungsi untuk menyedot debu tidak mudah tesumbat, sehingga alat ini dapat menghisap debu-debu halus yang sulit dibersihkan dengan menggunakan sapu.

3. Ganti kantong debu secara berkala

Kantong debu pada alat ini harus diganti secara rutin setiap sebulan sekali. Jika anda memiliki peliharaan maka sebaiknya diganti sesering mungkin agar tidak terjadi penumpukan kotoran, karena hal ini dapat mendatangkan penyakit akibat kuman dan bakteri

4. Ganti filter dan sabuk secara berkala

Sebaiknya filter diganti atau dibersihkan setiap 6 bulan sekali. Umumnya filter terletak dengan kantong atau dibalik pintu akses. Setiap 8 minggu sekali bersihkan filter HEPA. Kemudian gantilah sabuk setiap 12 bulan sekali (setahun) atau ketika rol berbunyi berisik.

5. Simpan pada tempat yang kering

Simpanlah mesin penyedot debu ini ditempat yang kering setelah digunakan dan selesai dibersihkan.

Baca juga : Jenis dan fungsi vacuum cleaner


Share: