Fungsi Dan Jenis Obeng

Obeng merupakan peralatan yang berfungsi untuk memutar sekrup agar dapat mengencangkan atau mengendurkan berbagai komponen. Umumnya ada tiga (3) jenis obeng yang sering digunakan antara lain yaitu :

 1. Obeng pipih/plat bermata sekrup pipih

2. Obeng sok dengan ujung sekrup persegi dan bulat

3. Obeng plat/pipih bermata sekrup pipih

Namun umumnya banyak yang mengetahui bahwa satu jenis obeng hanya bisa memiliki satu fungsi dikarenakan terlihat terdapat satu mata sekrup pada satu obeng. Namun sekarang terdapat obeng yang memiliki kelangkapan mata obeng yang berbeda-beda dengan cara mata sekrupnya yang dapat di bongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis obeng tersebut, yaitu

 1. Obeng Ratchet 

Jenis ini memiliki bentuk yang serupa dengan pistol, gagangnya dapat menyimpan mata sekrup yang dilengkapi dengan sekrup pipih, sok dan kembang. Jika ingin mengganti sekrup maka bagian ujung obeng cukup dibongkar pasang. Keunggulan sistem retchet adalah penyetelan dan pemasangan satu arah cepat tuntas sedangkan kekurangnya bagian penyetelannya cepat aus.

 2. Obeng Elektrik

Jenis ini membutuhkan tenaga elektrik sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga saat menggunakannya. Cukup tekan tombol start untuk menghidupkan mesin. Jenis alat ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang.  Umumnya memiliki kelengkapan mata sekrup plat dan kembang.

 3. Obeng Fleksibel

Obeng fleksibel memiliki desain dan bentuk yang unik seperti pulpen. Alat ini bisa dijepitkan di kantung baju. Dilengkapi dua mata sekrup yaitu sekrup kembang dan sekrup pipih yang dapat digunakan secara bergantian sesuai kebutuhan dengan cara mengganti sekrup secara bolak – balik. Kelemahan jenis obeng ini bagian penjepitnya mudah kendur/lepas.

 4. Obeng Berbadan Lentur

Jenis obeng berbadan lentur merupakan obeng yang cocok digunakan seperti pada bagian sudut lemari karena memiliki badan besi berlapis chrome vanadium yang mudah dilekuk-lekuk seperti rotan. Umumnya dilengkapi dengan mata sekrup kembang, sok dan plat.

 5. Obeng Gagang Stabil

Memiliki bentuk seperti huruf “T” sehingga memudahkan pengguna saat menggenggamnya dan lebih stabil. Gagangnya terbuat dari bahan plastik dan badannya dari besi lapis chrome vanadium. Umumnya dilengkapi dengan kelengkapan mata sekrup pipih, kembang dan sok. Namun memiliki kelemahan gagang mudah pecah atau retak jika obeng terlalu keras digunakan.

 6. Obeng Bermagnet

Sesuai Namanya obeng jenis ini memiliki magnet yang berfungsi untuk menarik sekrup yang terjatuh. Umumnya berbentuk badan panjang dan yang kecil. Obeng bermagnet berbadan panjang mudah menjangkau objek, gagangnya terbuat dari karet bertekstur kotak-kotak sehingga tidak licin. Sedangkan yang berbentuk kecil untuk objek yang sulit dijangkau tangan.

 7. Obeng Aksesori

Obeng jenis ini digunakan khusus untuk memutar sekrup yang melekang dari benda-benda aksesori seperti handphone, kaca mata dan arloji. Terdapat kelengkapan sekrup pipih dan sekrup kembang. Badannya terbuat dari besi dan gagangnya terbuat dari plastik, namun karena gagangnya terbuat dari plastik sehingga mudah retak.

Share: