Cara Merawat Mesin Bor

Cara merawat mesin bor

Bor merupakan alat yang di gunakan untuk melubangi permukaan kayu, tembok, besi dan lain-lain. Berkat alat ini anda bisa membuat lubang yang dibutuhkan sebagai tempat pemasangan suatu benda dengan mudah dan efisien waktu.

Merawat bor secara rutin dan menyeluruh  akan memberikan dampak pada fungsi dan kegunaanya menjadi lebih optimal. Dari perawatan itu mesin akan memiliki usia pakai lebih lama dan awet.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan mesin bor sebagai berikut.

1. Penggunaan bor sesuai Jenisnya

Gunakan bor sesuai dengan fungsi kegunaannya. Karena jika tidak digunakan sesuai dengan fungsinya maka hasil yang didapat tidak rapi dan mesin mudah mengalami kerusakan.

2. Pasang Aksesoris yang Sesuai

Jangan pernah memasang alat pelengkap/ aksesoris yang tidak sesuai. Penggunaan aksesoris yang tidak sesuai dengan bor dapat merusak mesin tersebut dan hasil yang diberikan kurang optimal

3. Lepaskan Mata Bor dengan Benar

Lepaskan mata bor dengan baik dan benar, jangan pernah mencoba menggunakan alternatif lain seperti menggunakan palu atau tang. Gunakan alat khusus yang memang sudah di rancang untuk membuka mata bor. Karna semua alat pertukangan akan cepat rusak bila anda menggunakannya dengan kasar.

4. Kebersihan

Setelah menggunakan bor, bersihkan seluruh body  dengan cara mengelap seluruh permukaaan bor menggunakan kain bersih untuk mencegah terjadinya karat/korosi

5. Simpan di Tempat Kering

Simpanlah bor ditempat yang kering dan tidak lembab serta memiliki sirkulasi udara yang lancar. Gulung kabel mesin agar tidak kusut dan melilit. Pastikan posisi switch tidak tertekan pada saat sebelum memasukan kedalam wadah.

6. Penyimpanan yang Benar

Jika anda berniat menyimpan bor dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari seminggu sebaiknya lepaskanlah semua aksesori terlebih dahulu dan lumasi aksesori dengan minyak pelumas, karena aksesori mesin bor bersifat rapuh dan mudah mengalami korosi. Tapi jika mesin ini digunakan untuk sehari – hari Anda boleh menyimpannya dalam keadaan terpasang agar mudah digunakan keesokan harinya.

7. Service

Agar kondisi bor tetap prima, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada pihak yang lebih ahli untuk memeriksa kelayakan mesin bor anda. Datanglah ke tempat service untuk mengetahui apakah mesin bor masih layak pakai atau perlu mendapatkan perbaikan di beberapa komponen penyusunnya.

 

Baca juga : Jenis mesin bor; jenis mata bor & fungsinya

Berbagai Produk Unggulan Dari Teknikmart, Klik Juga


Share: