Perbedaan Mesin Gergaji Jigsaw dan Circularsaw

Dalam perkembangannya, gergaji tidak hanya dioperasikan menggunakan tangan, tetapi juga telah dilengkapi dengan mesin. Bila anda termasuk salah seorang yang kerap berkecimpung dalam bidang pertukangan, maka anda pasti sudah akrab dengan mesin gergaji jigsaw dan gergaji circular. Namun fungsi dan kegunaan masing-masing gergaji ini berlainan.

Perbedaan yang paling mendasar antara kedua mesin ini adalah gerakan mata gergajinya. Mesin gergaji jigsaw ini sangat bagus dipakai untuk memotong kayu, khususnya untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk, karena mesin ini memiliki mata gergaji yang dapat bergerak secara naik turun atau maju mundur layaknya gergaji tangan. Sedangkan mata gergaji pada mesin gergaji circular bergerak dengan cara berputar seperti gerinda sehingga cocok sekali dipakai untuk memotong kayu dengan arah yang lurus.

Mesin Gergaji Jigsaw

Mesin gergaji jigsaw mampu untuk memotong kayu berbentuk garis yang berlekuk-lekuk. Mesin ini mempunyai mata gergaji yang pola pergerakannya naik turun. Mesin ini dapat di andalkan untuk pemotongan berbentuk lingkaran atau elips. Sayangnya mesin gergaji jigsaw dilengkapi dengan mata pisau yang berukuran cukup tipis sehingga kurang cocok bila dipakai untuk memotong papan yang tebal. Kalau pun dipaksakan, hasil potongannya tidak akan rata.


Mesin Gergaji Circularsaw

Gergaji circular dapat diandalkan untuk memotong kayu yang berukuran panjang dengan potongan yang lurus. Pada dasarnya mesin ini bekerja dengan menggerakan mata pisaunya secara memutar. Prinsip kerja mesin ini sama seperti mesin gerinda, itulah sebabnya menggunakan mesin ini terasa lebih nyaman dan mudah serta kinerjanya retatif lebih cepat. Mesin ini dapat digunakan untuk memotong berbagai jenis kayu yang mempunyai ketebalan berbeda-beda tergantung jari-jari mata pisau yang dipasang.


Produk Unggulan Dari Teknikmart : 



Share: