Tips Cara Menggunakan Mesin Trimmer

Mesin trimmer merupakan mesin yang wajib dimiliki untuk pengerja kayu atau furniture. Mesin trimmer ini memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan mesin router namun bentuk mesin router lebih besar dibandingkan dengan trimmer. Mesin trimmer memiliki mata yang dapat diganti ganti sesuai dengan mata yang diinginkan.


Jenis Mata Trimmer

Terdapat puluhan jenis mata trimmer dipasaran, namun yang umum digunakan adalah jenis mata trimmer straight bit (sebelah kiri) yang digunakan pada pengerjaan hpl untuk mengikis sisa-sisa bahan yang menonjol dan sementara itu disebelah kanan merupakan mata trimer yang digunakan untuk membuat profil seperti pada list meja, frame pigura dan lain-lain.

Cara Memasang Mata Trimmer

Untuk menghindari kerusakan dan hal yang tidak diinginkan maka pastikan steker/colokan mesin trimmer tidak terhubung dengan stop kontak. Bacalah buku manual cara penggunaan mesin yang di dapat saat membeli mesin trimmer, karena cara penggunaan dan pemasangan setiap mesin trimmer bisa saja berbeda dengan merek lain. Saat akan mengoperasikan mesin gunakan kacamata pelindung dan perlengkapan pengaman lainnya.

1. Biasanya terdapat 2 buah kunci yang tersedia saat membeli mesin, gunakan kunci tersebut untuk membuka mesin dengan cara sambal menahan as bagian bawah menggunakan kunci lalu putar mur bagian atas dengan arah berlawanan jarum jam.

2. Pasang mata trimmer yang akan digunakan kemudian putar baut searah jarum jam agar kencang dan tidak terlepas.

3. Pada body trimmer pasanglah plastik transparan kemudian atur ketinggian dan kencangkan baut.

Cara Menggunakan Mesin Trimmer

1. Nyalakan saklar yang terletak pada bagian atas trimmer, lalu aplikasikan mesin dengan gerakan perlahan pada kayu yang ingin dibuat profil. Terdapat bearing pada bagian bawah mata trimmer yang berfungsi sebagai stopper agar hasil potongan konsisten dan rapi.

2. Setelah pemakaian bersihkan mesin dari debu menggunakan kuas dan pastikan steker tercabut dari stop kontak.

Share: