Hal Paling Mendasar Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kompresor Angin

Sebelum memutuskan membeli kompesor angin, sebaiknya anda harus memahami dahulu tentang berbagai tipe kompresor yang dijual dipasaran. Setelah anda mengetahui bebagai jenis kompresor tersebut anda harus mengetahui secara pasti jenis kompresor seperti apa yang anda butuhkan.

Jika berbicara tentang kompesor yang ada di pasaran, umumnya jenis kompresor Reciprocating Compressor (kompresor piston) atau Screw Compressor (kompresor ulir) sering anda jumpai. Berikut perbedaan antara kedua jenis kompresor diatas adalah :

1. Umumnya kompresor jenis piston lebih murah dibandingkan dengan kompresor jenis screw.

2. Jenis kompresor piston dapat beropersi salama 8 jam, sedangkan kompresor jenis screw dapat beroperasi selama 24 jam nonstop.

3. Biasanya penggunaan jenis screw sering digunakan di industri besar seperti pabrik dan lain-lain.

Kompresor angin umumnya dibagi berdasarkan sumber dayanya, yaitu :

Mesin Berbahan Bakar Bensin

Kompresor udara berbahan bakar bensin memiliki keunggulan pengisian udara yang bisa dilakukan dimana saja tanpa memerlukan tenaga listrik. Selain itu dari segi harga pun kompesor jenis ini tergolong cukup murah. Namun sayangnya kompresor jenis ini memiliki tingkat kebisingan yang tinggi saat beroperasi dan masih menggunakan cara manual untuk penggunaannya.

Mesin Dengan Aliran Listrik (Elektro Motor)

Jenis kompresor yang menggunakan listrik memiliki keunggulan dalam pengoperasiannya yang dilakukan secara otomatis dalam pengisian udara. Kompresor aliran listrik memiliki dua (2) jenis, yaitu free oil (bebas minyak) dan yang biasa. Umumnya jenis kompresor ini banyak digunakan untuk kebutuhan medis, labolatorium, pabrik dan lain sebagainya. Untuk dari segi harga tergolong lebih mahal namun juga memiliki banyak fungsi dan lebih maksimal dibandingkan dengan kompresor bahan bakar bensin.

Demikian sedikit tips dan informasi tentang kompresor angin agar anda dapat menentukan jenis kompresor yang tepat untuk kebutuhan anda. Agar mendapatkan kompresor yang tepat dan berkualitas kunjungi www.teknikmart.com, sales kami akan membantu solusi Teknik yang anda butuhkan.

 

Baca Juga : Tips Pemakaian Kompresor Angin Yang Benar dan Komponen Dalam Kompresor Angin Dan Fungsinya.

Share: