Jenis Mesin Gerinda dan Fungsinya

Pada pekerjaan teknik, mesin gerinda mempunyai peran yang sangat vital. Tanpa adanya mesin ini, maka pekerjaan teknik akan terhambat. Proses menggerinda memiliki tujuan untuk mengasah benda, membentuk benda kerja, merapihkan hasil pemotongan serta merapikan hasil las, membentuk lengkungan bersudut serta menyiapkan permukaan benda untuk di las.

Jenis Mesin Gerinda :

1. Mesin Gerinda Lurus

Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan bidang rata. Benda kerja dijepit pada meja yang dapat bergerak lurus bolak-balik secara otomatis atau dengan gerakan tangan. Roda gerinda dapat digerakkan melintang meja dan naik turun.

2. Mesin Gerinda Tangan

Mesin gerinda ini merupakan jenis mesin gerinda dimana gaya penggeraknya diteruskan dari engkol ke roda gerinda melalui transmisi roda gigi. Mesin gerinda ini merupakan mesin yang serba guna karena dapat digunakan untuk menggerinda atau memotong benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca dan juga dapat digunakan untuk memoles mobil.

3. Mesin gerinda datar/surface grinding machine

Mesin gerinda datar adalah mesin gerinda dengan teknik penggerindaan mengacu pada pembuatan bentuk datar, bentuk, dan permukaan yang tidak rata pada sebuah benda kerja yang berada di bawah batu gerinda yang berputar. Pada umumnya mesin ini di gunakan untuk menggerinda permukaan yang meja mesinnya bergerak horizontal bolak-balik. Meja ini dapat diopersikan manual maupun otomatis. Pencekaman benda kerja dengan cara diikat pada kotak meja magnetik.

Menurut sumbunya, mesin ini dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja bolak-balik. Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut.
  • Mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja berputar. Mesin jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.
  • Mesin gerinda datar vertikal dengan gerakan meja bolak-balik. Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan rata dan lebar serta menyudut.
  • Mesin gerinda datar vertikal dengan meja berputar, fungsi mesin ini sama dengan mesin gerinda datar horizontal meja bolak-balik.
4. Mesin Gerinda Duduk

Mesin gerinda duduk dipakai untuk mengasah benda yang berukuran kecil, misalnya seperti mata bor, pahat tangan, kapak, pahat bubut pisau, golok dan lainnya. Pada mesin gerinda duduk, jenis batu gerinda kasar di pasang pada bagian sebelah kiri, sedangkan jenis batu gerinda halus dipasang pada bagian sebelah kanan.

Pemasangan dua jenis batu gerinda tersebut bertujuan agar mesin gerinda ini mempunyai dua fungsi sekaligus, yakni sebagai pemotong dan pengasah. Fungsi pemotong menggunakan batu gerinda kasar sedangkan fungsi pengasah menggunakan batu gerinda halus.

Untuk melihat bermacam mesin gerinda, kunjungi teknikmart.com. teknikmart.com menjual gerinda duduk, tangan dan aneka macam gerinda dengan harga terjangkau, lengkap, dan berkualitas dengan varian merk dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda Tertarik Dengan Produk Gerinda Tangan Kami : KLIK DISINI

Dan Kunjungi Juga Produk Unggulan Kami : 


Share: