Jenis Proximity Sensor

Proximity Sensor merupakan alat pendeteksi yang sistem kerjanya mendeteksi jarak objek terhadap sensor. Sensor ini memiliki karakter yang dapat mendeteksi objek kerja dengan jarak yang cukup dekat. Umumnya alat ini memiliki tegangan antara 10-30 Vdc dan ada juga yang memiliki tegangan 100 – 200 Vac. Banyak mesin produksi sekarang ini menggunakan sensor jenis  ini, karena selain tahan terhadap benturan atau goncangan alat ini mudah dalam perawatan dan perbaikan penggantian.

Ada tiga jenis sensor proximity yaitu :

1. Inductive Proximity 

Inductive Proximity berfungsi mendeteksi objek logam dengan prinsip osilator yang ada pada proximity akan membangkitkan medan magnet dengan frekuensi tinggi jika terdapat sumber tegangan

Sensor akan mendeteksi perubahan pada isolator sebagai sinyal adanya objek. Contohnya sensor ini biasanya terdapat di bandara digunakan pada metal detector. Alat ini akan mendeteksi adanya objek logam walaupun tidak terlihat.

2. Capacitive Proximity 

Sensor Capacitive Proximity dapat mendeteksi objek logam maupun non logam, sistem kerja alat ini adalah dengan cara mengukur perubahan kapasitas medan listrik sebuah kapasitor yang disebabkan adanya objek yang mendekat. Sensor jenis ini umumya digunakan pada bumper mobil dan bagian mobil lainnya. Fungsinya agar memudahkan mobil untuk parkir karena sensor ini akan mendeteksi dan berbunyi dalam jarak tertentu sehingga memberikan sinyal kepada pengendara agar tidak terus mundur dan menabrak benda tersebut.

3. Sensor Proximity Optik

Jenis sensor ini mendeteksi adanya objek cahaya seperti pada infra red. Proximity optik ini terdiri dari sebuah receptor dan cahaya yang mendeteksi sebuah benda dengan refleksi. Cahaya akan memantul ke receptor jika benda dalam jarak sensitive atau benda mengenai cahaya dari sensor.

Kelemahan dari sensor jenis ini adalah terkadang lensa bisa kotor, permukaan refleksi yang buruk dan orientasi objek yang salah serta cahaya kabur. Proximity jenis ini umunya digunakan pada teknologi handphone layar sentuh untuk mendeteksi jika ada objek di depan sensor sehingga layar ponsel akan terkunci agar layar tidak acak saat bersentuhan dengan telinga.

Share: