Kegunaan Dari Torque Wrench / Kunci Torsi

Dibutuhkan pengalaman untuk mengeratkan ikatan baut dan mur. Pengencangan yang terlalu kuat dapat membahayakan pada pengikatan benda yang suhu kerjanya tidak stabil. Jika mengencangkan baut pengikat bantalan terlampau kuat, pemuaian yang tak sama diantara baut dan tutup bantalan dapat memberi tambahan tegangan yang terjadi pada tangkai baut. Sehingga tangkai baut yang bersangkutan bisa patah. Untuk menghindari kejadian tersebut maka di gunakanlah torque wrench ini.

Torque wrench atau bisa disebut kunci torsi merupakan alat yang digunakan untuk mengeratkan baut dan mur dengan tingkatan kuat dan kekencangan yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Dapat disimpulkan fungsi dari kunci torque wrench adalah untuk mengukur gaya ulir pada baut ataupun mur hingga mencapai kekencangan yang tertentu.


Biasanya pada saat awal pengencangan digunakan kunci biasa seperti kunci ring, kunci soket maupun kunci pas. Setelah dirasa sudah pas kemudian dikencangkan lagi dengan kunci torque atau kunci torsi dan kencangkan sesuai dengan nilai kekencangan dari mur atau baut tersebut. Kunci torsi dapat juga mempermudah dalam menyamakan nilai kekencangan mur atau baut, sehingga dapat menghindari kebengkokan pada suatu bagian yang berbeda-beda


Jangan heran jika kamu sering melihat kunci ini ada di bengkel atau di industri lainnya, karena kunci torsi sangat dibutuhkan di dunia industri terutama di industri otomotif. Semoga artikel ini dapat memberi pengetahuan yang bermanfaat terutama untuk Anda yang bekerja di bidang teknik industri atau otomotif.




Share: