Macam - Macam Stabilizer

Stabilizer merupakan mesin yang berfungsi untuk menstabilkan arus tegangan listrik pada benda elektronik. AVR (Automatic Voltage Regulator) merupakan komponen utama dalam menstabilkan tegangan tersebut. Umumnya alat ini digunakan pada elektronik rumah tangga, industry dan pabrik yang membutuhkan tegangan listrik yang stabil.


Macam-macam stabilizer seperti dibawah ini :

1. Stabilizer yang menggunakan servo motor

Jenis ini menggunakan servo motor untuk menstabilkan listrik, motor ini akan berputar untuk mendapatkan kestabilan tegangan sehingga memerlukan waktu 2-5 detik untuk menstabilkan dan tidak adanya penyaringan terhadap gangguan listrik seperti surge, spikes dan petir.


2. Stabilizer yang menggunakan relay

Bila tegangan listrik naik turun secara tidak stabil umumnya penstabilan menggunakan beberapa relay yang bekerja sehingga memberikan reaksi yang cepat namun kestabilannya kurang baik. Umumnya jenis stabilizer ini tidak dilengkapi dengan filter.


3. Stabilizer yang menggunakan sistem digital control

Jenis Stabilizer Digital Control ini merupakan gabungan antara sistem kerja transitor dan sistem kerja relay. Sistem digital control merupakan yang terbaik karena dilengkapi filter sehingga dapat menyaring gangguan listrik, selain itu juga jenis ini memiliki gabungan kerja sehingga menjadi stabilizer yang paling stabil

Sebaiknya ketika hendak ingin membeli sebuah stabilizer pastikan kapasitas output nya real dan memiliki respon yang cepat jika terjadi perubahan tegangan listrik. Selain itu pertimbangkan juga after sales dan garansi stabilizer tersebut agar terjamin kwalitas dari stabilizer tersebut.

Baca juga : Fungsi dan kegunaan stabilizer


Share: