Perkakas Yang Wajib Dimiliki Dirumah

Perkakas rumah tangga meskipun tidak setiap hari digunakan, perlu dimiliki dan disimpan di rumah untuk mempermudah jika sewaktu waktu dibutuhkan. Dengan menggunkaan perkakas yang kita miliki dapat menghemat waktu dan biaya. Nah, berikut alat alat perkakas yang wajib Anda miliki dirumah.

1. Kunci Inggris Multifungsi

Kunci inggris adalah perlengkapan multifungsi karena memiliki kelebihan lebar kunci yang bisa di atur sehingga satu kunci inggris bisa menggantikan beberapa ukuran kunci pas sekaligus, misalnya kunci ukuran 14-20 mm. namun kunkci inggris memiliki bentuk yang tebal dan besar yang mengakibatkan kunci inggris sulit dugunakan pada sudut – sudut yang sempit.


2. Kunci soket

Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibuat dari baja tensil tinggi atau sejenis logam paduan yaitu chrome vanadium dan untuk memperbaiki penampilannya dilapisi dengan nikel. Satu ujung soket mempunyai dudukan segi empat, dan ujung lainnya mempunyai dimensi hexagonal (seperti kunci ring) untuk digunakan pada mur atau baut,Kunci soket sering disebut juga kunci sok, kunci sok dirancang khusus untuk melepas/memasang baut dan mur. Kunci sok adalah jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas komponen dari kendaraan bermotor. Kunci ini akan pas pada baut hampir pada seluruh tempat pada kendaraan.


3. Bor

Bor berfungsi tidak hanya berfungsi untuk melubangi dinding atau kayu saja, namun juga membantu dalam merakit furniture serta melepaskan baut atau mur dengan lebih cepat. Sama seperti pada obeng,  mata pada bor juga beragam bentuk yang disesuaikan dengan bentuk mur.


4. Obeng Multi Size

Obeng jenis ini sangat praktis, karena ujung obeng bisa di ganti dan tidak memenuhi kotak penyimpanan perkakas. Obeng multi size bisa digunakan untuk baut model plus maupun min, baik ukuran kecil maupun besar. 


5. Palu

Ada 2 macam palu yang biasa kita jumpai seperti pada gambar di atas, kami menyarankan anda memiliki salah satunya. Untuk palu pada gambar yang kedua akan lebih bermanfaat karena dapat digunakan untuk mencabut paku.


6. Snap & Grip

Grip n grip terdiri dari dua kunci pas universal. Dengan dua kunci pas ini Anda dapat melonggarkan atau mengencangkan semua jenis mur dan baut, terlepas dari ukuran dan bentuknya. Kelebiham kunci ini adalah lebih lincah menjangkau sudut-sudut sempit yang tidak bisa dilakukan kunci inggris

Semoga dengan punya beberapa perkakas multifungsi tadi Anda bisa melakukan banyak perbaikan sendiri di rumah. Tapi kalau memang sepertinya sulit, lebih baik cari ahlinya ya


Share: