Tips Memilih High Pressure Washer

Pressure washer adalah semprotan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan cat, jamur, kotoran, debu, lumpur, permen karet dan kotoran dari permukaan dan benda-benda seperti bangunan, kendaraan dan permukaan beton. Biasanya pressure washer digunakan pada kebutuhan rumah tangga maupun industri. Untuk kebutuhan rumah tangga dapat digunakan untuk pencucian kolam ikan, taman, kendaraan baik roda dua maupun roda empat hingga aplikasi rumah tangga lainnya. Kebutuhan industri digunakan dalam skala yang lebih besar, pencucian alat berat, kendaraan, mesin industri hingga lain. Apa yang membedakan mesin cuci tekanan tinggi untuk kedua kebutuhan tersebut? 

 

 1. Pekerjaan Rumah Tangga atau Profesional?

Untuk menentukan alat yang tepat adalah dengan mengetahui penggunaan alat untuk beban medium atau beban berat dengan pemakaian konstan setiap hari. Pastikan bahwa Anda menggunakan mesin yang tepat dan sesuai untuk menunjang pekerjaan Anda agar mesin awet dan dapat bekerja secara optimal bebas masalah.

 

 2. Tekanan Penyemprotan Mesin (bar)

Tekanan sangat diperlukan dalam proses pencucian berbagai media. Suatu tekanan yang umum adalah bar atau Kg/cm2. Range mulai 30 bar hingga 140 bar diperlukan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga sedangkan kebutuhan profesional memiliki range tekanan lebih lebar, yakni 30 bar hingga 250 bar untuk mesin cuci tekanan tinggi air dingin. Tekanan paling tinggi biasa digunakan pada industri pertambangan untuk pencucian kendaraan atau mesin alat berat dengan noda yang sulit, seperti batubara, minyak dan tanah keras. 

 

3. Flow Rate (liter/menit)

Flow rate adalah aliran air yang dikeluarkan dalam penyemprotan. Umum satuannya adalah liter/menit (kadang liter/detik). Dengan flowrate yang besar (dengan tekanan yang sama) akan tercapai bidang efektif penyemprotan yang lebih besar dan mempercepat waktu pekerjaan/penyemprotan tentunya. Oleh karenanya mesin dengan flowrate yang besar juga mempengaruhi harga mesin. 

 

4. Aksesoris Mesin

Aksesoris dirancang untuk mempercepat suatu pekerjaan. Dalam pekerjaan rumah tangga proses pencucian kendaraan dan taman menggunakan dua nozzle yang berbeda yaitu nozzle standard dan nozzle dirtblaster (pada karcher) yang kuat ideal untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Terdapat juga beberapa aksesoris umum yaitu container sabun maupun sabun chemical, vario (untuk menyetel tekanan penyemprotan), nozzle brush/sikat dan banyak lainnya.

 

Demikian tips memilih high pressure washer dari teknikmart.com, semoga info ini dapat membantu Anda memilih pressure washer yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga ataupun professional. Kami juga menyediakan high pressure washer berkualitas dengan spesifikasi dan harga yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Share: