Alat Keselamatan Kerja Yang Wajib Digunakan

1. Helm Safety

Manfaat utama dari helm safety adalah sebagai pelindung kepala pekerja, agar dapat membuat perlindungan dari kejatuhan barang dan yang lain, dan kurangi cedera yang akan menimpa pekerja itu


2. Sabuk Keselamatan

Safety Belt atau sabuk keselamatan merupakan alat yang digunakan untuk mencegah / mengurangi resiko terjadinya kecelakaan jatuh dari ketinggian, biasanya digunakan oleh pekerja bangunan, pendaki gunung / bukit, dll Fungsi utama sabuk keselamatan ini untuk menjaga seorang pekerja dari kecelakaan kerja pada saat bekerja, contohnya saat kegiatan erection baja pada bangunan tower.


3. Sepatu Pelindung

Sepatu ini terbuat dari kulit dipadukan dengan metal, di bagian bawahnya terbuat dari karet yang tebal. Dengan bahan itu, pekerja akan aman dari berbagai kecelakaan pada kakinya. Manfaat menggunakan sepatu keselamatan kerja adalah dapat melindungni dari benda tajam yang berbahaya, mencegah dari kecelakaan kerja yang fatal, melindungi dari benda panas, melindungi dari cairan kimia berbahaya dan agar tidak terpeleset.


4. Sarung Tangan

Sarung tangan (glove) adalah salah satu keperluan didalam bidang kerja. Alat ini berguna untuk melindungi tangan dari benda-benda tajam dan mencegah cidera saat sedang kerja, saat memilih glove ada beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan antara lain bahaya terpapar, benda yang dihadapi/dikerjakan apakah bahan korosif, panas, dingin, tajam atau kasar karena alat pelindung tangan berbeda-beda bisa terbuat dari karet, kulit ataupun kain katun.


5. Tali Pengaman

Alat ini diperuntukkan sebagai pengamanan ketika bekerja di tempat tinggi. Diwajibkan memakai alat ini ketika bekerja dengan ketinggian 1,8 meter.


6. Kaca Mata Pengaman

Digunakan sebagai alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang di udara ataupun di air, percikan benda kecil, benda panas, ataupun uap panas. Selain itu kacamata pengaman juga berfungsi untuk menghalangi pancaran cahaya yang langsung ke mata, benturan serta pukulan benda keras dan tajam. Jenis kacamata pengaman ini bisa berupa spectacles atau googgles.


7. Masker

Masker adalah alat bantu yang biasa digunakan sebagai pelindung diri yang biasanya untuk menutupi mulut hingga bagian hidung. Masker sendiri biasa dipakai oleh seorang pekerja untuk membuat perlindungan atau menghindari dan mengurangi kemungkinan dirinya akan tercemar debu yang membahayakan pernafasan atau tercemar infeksi atau keracunan udara di lingkungan area tempatnya bekerja.


8. Pelindung Wajah

Membuat perlindungan semua muka dari percikan atau semprotan cairan atau debu beresiko ini terbuat dari lembaran plastic transparan yang dapat menutupi semua muka. Tetapi perisai muka tidak dapat membuat perlindungan dari bahaya bentrokan serta karenanya harus digunakan berbarengan dengan kacamata safety untuk perlindungan pada bentrokan.


9. Jas Hujan

Jas hujan atau juga disebut dengan mantel ialah pakaian tahan air yang dipakai guna melindungi tubuh dari terkenanya air hujan. Fungsi utama mantel yaitu untuk meminimalkan masuknya air hujan yang mengenai bagian tubuh dan pakaian. Kebanyakan mantel dibuat dengan warna mencolok hal ini dilakukan agar pemakai mudah terlihat dan untuk menghindari masalah kecelakaan dikarenakan hujan yang lebat.






Share: