Tips Cara Menghilangkan Karat

Karat pada logam akan menyebabkan logam mengalami penurunan mutu dan tidak dapat bekerja secara maksimal yang akan menyebabkan kerugian. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan agar besi atau logam tidak mengalami penurunan mutu. Teknikmart punya beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar logam atau pun besi anda bersih dari karat. Semoga tips ini dapat bermanfaat.


1. Cuka Apel

Cuka apel sangat efektif untuk menghilangkan karat. Celupkan logam yang berkarat kedalam cuka apel selama satu malam, esok paginya gosok atau sikat besi/logam hingga karat terkikis. Selain cuka apel bisa juga menggunakan cuka putih, Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus merendam logam yang berkarat dalam waktu yang relatif lebih lama.


2. Lemon atau Jeruk Nipis

Perasan jeruk nipis dan jeruk lemon dapat juga untuk menghilangkan karat pada logam, caranya taburi terlebih dahulu logam yang berkarat dengan garam, setelah itu rendam logam tersebut dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Setelah itu gosok logam hingga karat pada logam hilang.


3. Asam Fosfat dan Asam Klorida

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam adalah dengan menggunakan asam fosfat dan asam klorida. Untuk menghilangkan karat menggunakan asam fosfat cukup rendam logam berkarat selama satu harian, lalu pagi harinya gosok karat pada logam hingga hilang. Asam fosfat bisa diperoleh dari minuman cola, rumput laut, dan juga molase. Sedangkan jika menggunakan asam klorida caranya adalah cukup memanaskan logam yang telah diolesi dengan asam klorida. Setelah karat hilang, asam klorida tetap akan memberikan perlindungan agar karat tidak kembali muncul.


4. Kentang

Kandungan asam oksalat pada kentang cukup efektif untuk menghilangkan karat terutama pada logam – logam kecil seperti pisau. Cukup menusukan pisau kedalam kentang dan didiamkan selama satu malam, maka karat yang ada pada pisau akan terkikis. 


5. Minuman Bersoda

Cara lain untuk menghilangkan karat pada logam adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Caranya cukup rendam logam yang berkarat dengan cola atau minuman bersoda, setelah beberapa saat gosok karat menggunakan kain atau benda lainya.


6. Soda Kue

Cara menghilangkan karat dengan soda kue adalah dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air hingga bentuknya menyerupai pasta gigi. Setelah itu, oleskan soda kue tersebut pada logam berkarat. Kemudian gosoklah logam yang berkarat menggunakan sikat gigi atau sabut baja.


Share: