Cara Perawatan Kompresor Angin

Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Kompresor biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya. Udara bertekanan hasil dari kompresor biasanya diaplikasikan atau digunakan pada pengecatan dengan teknik spray/ air brush, untuk mengisi angin ban, pembersihan, pneumatik, gerinda udara (air gerinder) dan lain sebagainya.

Agar kompresor dapat bertahan lama, perlu di perhatikan aspek kebersihan dan keamanannya. Berikut beberapa tips cara merawat dan menggunkan kompresor dengan benar.

1. Cek kadar bahan bakar kompresor

Pastikan untuk selalu mengecek bahan bakar sebelum Anda menggunakan kompresor. Isi bahan bakar secukupnya agar kompresor tidak mudah rusak. Gantilah bahan bakar setelah penggunaan selama 500-1000 jam dengan bahan bahan bakar yang masih baru.

2. Periksa saluran air.

Sesuaikan saluran  air kondensat pada timer untuk memastikan jika terbuka sesuai dengan fungsinya. Gantilah saluran timer dengan saluran nol-loss untuk menghentikan udara yang terbuang

3. Mematikan kompresor ketika tidak digunakan

Matikan kompresor pada saat tidak digunakan untuk mengurangi beban listrik dan tentunya menjaga lifetime dari kompreskor tersebut

4. Jagalah kebersihan kompresor

Berishkan kompresor Anda dari penumpukan debu agar  ventilasi tidak mampat dan dpat melepaskan panas dengan baik. Menjaga kompresor Anda tetap bersih dan tertutup dengan benar akan membantu mengola suhu dengan tepat dan optimal dalam pengoperasian.

5. Bersihkan air filter

Periksalah filter kompresor Anda secara rutin dan gantilah filter jika kotor dan berdebu. Jika kompresor jarang digunakan ubalah air filter setiap 3-6 bulan sekali.

6. Perbaikilah kebocoran

Perbaiki kebocoran pada kompresor agar setiap udara yang tidak menjadi pemborosan biaya yang sia – sia

Itulah tips merawat dan menggunakan kompresor dengan benar agar kompresor Anda dapat bertahan lama. semoga dapat bermanfaat

Share: