Gergaji Miter Saw dan Keunggulannya

Mesin gergaji mitersaw umumnya dapat memotong material kayu atau besi dengan sudut 45 derajat dan 90 derajat. Sangat efektif untuk pemotongan pendek dengan beragam sudut kemiringan.

Mitersaw sangat efektif untuk membuat kotak kayu atau pigura, itu dia sebabnya alat ini umum disebut gergaji siku. Selain itu alat ini juga sangat cepat untuk pemotongan crosscut. Mitersaw memiliki kedalaman potong hingga 5cm dan lebar bidang potong hingga 18cm. ukurannya pun bervariasi disesuaikan dengan ukuran pisau gergajinya.

Menggunakan mitersaw berukuran standar untuk memotong kayu yang lebar akan  memiliki keterbatasan bidang sehingga kayu yang ingin dipotong harus dibalik dan dipotong sisi lainnya. Hal ini akan beresiko pada hasil pemotongan kayu yang tidak presisi dan pekerjaan menjadi tidak efektif.

Fitur gergaji miter saw

1.Umumnya mitersaw memiliki daya mulai 800 watt hingga 2200 watt, daya yang tinggi akan lebih efektif untuk memotong kayu. Terdapat amper yang berfungsi untuk mengukur daya motor gergaji. Semakin tinggi ampere maka semakin tinggi daya.

2. Ukuran mata gergaji sangatlah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih gergaji mitersaw. Umunya mata gergaji mitersaw berukuran 8, 10 dan 12 inci. Bila dia beter bilah lebih besar maka akan mampu memotong lebih panjang.

3. Akurasi sudut, gunakan busur derajad atau siku agar akurasi stopper pemotong sudutnya sesuai.

4. Mitersaw modern terdapat fitur rem listrik yang efektif yang ketika tombol dilepas gergaji akan langsung berhenti sehingga aman digunakan.

5. Terdapat kunci poros yang mempermudah penggantian bilah pisau.

 

Share: