Jenis Dan Kegunaan Mata Circular Saw

Circular saw biasa disebut dengan gergaji bundar, alat ini berfungsi untuk memotong kayu yang kerap digunakan di dunia industri dan pabrik, khususnya industri mekanik. Selain praktis dalam pemasangan dan penggunaanya, alat ini dapat digunakan secara pindah-pindah.

Perlu diperhatikan perbandingan diameter dan jenis pisau dengan kemampuan mesin circular saw yang anda miliki. Karena model gergaji menentukan ukuran pisau circularnya, khususnya pada gergaji circular saw yang memiliki ukuran paling kecil. Umumnya dengan ukuran yang kecil alat ini menggunakan pisau berdiameter 4-1/2 inch hingga 7-1/4 inch, biasanya diberi carbid pada ujung mata gergaji agar pisau tetap terjaga ketajamannya dan mempertahankan daya potong.

Pastikan pisau yang anda gunakan cocok dengan bahan material yang ingin anda potong. Karena setiap gergaji dirancang sesuai dengan bahan material kerja yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan tipe mesin gergajinya.

Seperti pada keramik atau granit, pisau yang cocok untuk memotong material tersebut adalah pisau diamond 7 inch atau 10 inch. Gergaji pemotong logam biasanya menggunakan pisau pemotong carbon, umumnya alat potong logam ini disebut gergaji cutoff.

Berikut jenis mata gergaji circular saw dan fungsinya :

1. Ripping

Digunakan untuk membelah kayu dan memiliki gigi yang jarang

2. Crosscutting

Digunakan untuk crosscut. Jenis gigi yang rapat biasanya dipergunakan untuk miter saw.

3. Combination

Bisa digunakan untuk Rip dan juga cross cut

4. Ply wood

Digunakan untuk plywood, MDF, dan partikel

5. Hollow ground

Digunakan untuk memotong crosscut dengan presisi, memiliki bentuk pisau sangat tipis.

6. Thin kerf

Digunakan untuk memotong kayu engineering, jenis pisau tipis dan kuat.

7. Abrasive

Digunakan untuk memotong besi dan logam.

8. Diamond

Digunakan untuk memotong keramik, granit, marmer dan batu alam

Dari keterangan diatas ada banyak sekali jenis dan fungsi mata gergaji circular, bahkan ada berbagai jenis dan tipe pisau untuk memotong bahan material kayu. Hal itu agar memberikan hasil akhir yang diinginkan. Pastikan anda memilih mata gergaji berkualitas dan yang sesuai dengan yang anda butuhkan ya guys.

 

Baca juga : Mengenal mesin circular saw

Produk Unggulan Dari Teknikmart : 


Share: