Mengenal Mesin Circular Saw

Circular Saw, mendengar namanya sudah tak asing lagi di kalangan dunia industri dan teknik. Alat ini merupakan salah satu peralatan dasar dalam proyek pertukangan.

Alat ini memiliki beragam ukuran, namun ukuran circular saw ditentukan sesuai dengan diameter pisau potongnya. Umumnya ukuran yang beredaran di pasaran adalah 7 ¼ inch dan 9 ¼ inch.

Terdapat dua macam sumber tenaga dari mesin ini, yaitu energi listrik dan baterai lithium. Terdapat kelebihan dan kekurangan pada kedua sumber tersebut yaitu :

1. Tenaga baterai

Mesin circular saw tanpa kabel ini biasa dikenal dengan sebutan, circular saw cordless, menggunakan baterai sebagai sumber tenaga penggeraknya. Alat ini lebih praktis dan efisien dalam penggunaannya karena tanpa kabel yang relative mudah untuk segala sudut. Namun dengan menggunakan alat ini waktu pengerjaannya terbatas oleh kapasitas baterainya. Agar hasil yang diperoleh akurat dan presisi maka diperlukan konsentrasi dan kestabilan tinggi pada saat proses pengoperasian.

2. Tenaga listrik

Mesin circular saw listrik menggunakan kabel yang di sambungkan dengan stop kontak sebagai sumber daya tenaganya. Berbeda dengan tipe baterai yang waktu penggunaanya disesuaikan dengan kapasitas baterai, mesin circular saw dengan kabel dapat digunakan terus menerus namun pada saat penggunaanya harus memperhatikan posisi kabelnya.


Demikian perkenalan mesin circular saw, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kamu yang memiliki atau hendak akan membeli mesin tersebut.

Baca juga : Perbedaan mesin gergaji jigsaw dengan circular saw

Share: