TIPS MENENTUKAN POMPA AIR YANG TEPAT UNTUK DI RUMAH

Pompa air merupakan alat yang berfungsi untuk memudahkan manusia mendapatkan air bersih untuk melakukan berbagai keperluan seperti mandi, mencuci, dan sebagainya yang berhubungan dengan air. Dengan adanya pompa air ini, Anda pun tidak perlu lagi repot-repot menimba air. Namun sebelum Anda membeli pompa air, penting bagi Anda untuk menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kebutuhan air di rumah serta menentukan jenis pompa air yang tepat untuk rumah Anda. Hal ini dikarenakan saat ini ada banyak produk pompa air yang tersedia di pasaran. Adapun untuk membantu Anda menemukan pompa air yang tepat, berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  1. Mengukur kedalaman permukaan air 

Sebelum Anda membeli pompa air di rumah, anda sebaiknya memperhatikan kedalaman pada permukaan air. Untuk mengukurnya, Anda bisa minta bantuan kepada orang yang sudah ahli, seperti tukang misalnya untuk mengukur kedalaman menggunakan pipa pompa air. Jika telah mengetahui kedalaman permukaan air, maka Anda dapat menentukan jenis pompa air. Misalnya, untuk sumur 7-9 meter, Anda dapat menggunakan pompa air jenis semi jet pump.

  1. Perhatikan voltase untuk pompa air

Untuk menyesuaikan pompa air dengan rumah Anda, hal yang perlu dilakukan adalah mengukur voltase. Hal ini dilakukan untuk membantu listrik pada rumah Anda agar tidak bermasalah (saat pompa air bekerja listrik tidak sering mati dan daya listrik pada rumah Anda tidak keberatan).

  1. Pilihlah pompa yang sesuai 

Kebutuhan air pada setiap rumah tangga tentunya berbeda-beda sesuai dengan penghuni dan kegunaannya sehari-hari. Oleh karena itu, Anda harus teliti sebelum membeli pompa air. Jika rumah Anda memiliki kebutuhan air yang cukup banyak, maka Anda bisa menggunakan pompa air dengan daya hisap yang lebih besar. Sedangkan, jika Anda tidak butuh banyak air, maka Anda bisa menggunakan yang sedang untuk menghemat listrik.

  1. Mengetahui kualitas pada pompa air 

Untuk mengetahui kualitas pada pompa air, Anda bisa melihat pada bahan atau komponen yang digunakan. Pilih yang berbahan stainless steel agar tidak gampang patah atau retak. Untuk bagian pada lilitan motor listrik, Anda lebih baik memilih yang berbahan dasar tembaga dan hindari yang berbahan dasar aluminium karena sering mengalami korslet. 

  1. Pilihlah yang suaranya halus

Anda bisa memilih pompa air yang bersuara halus agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di toko sebelum Anda membeli dan membawanya pulang.

Itulah beberapa tips menentukan pompa air yang tepat untuk rumah Anda. Bagi Anda yang tertarik memperoleh pompa air untuk di rumah Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memperolehnya melalui Teknikmart, sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Teknikmart di DISINI.

Share: