Tips Aman Menggunakan Mesin Pemotong Rumput

Rover SL 630 Brush Cutter

Memotong rumput adalah sebuah aktivitas yang tidak mudah dan juga melelahkan, terutama jika Anda mempunyai halaman yang cukup luas. Apalagi memotong rumputnya menggunakan gunting pemotong rumput. Aduh, Makin capek deh! Namun jika tidak dipotong, rumput ini akan sangat mengganggu dan tentu saja tidak enak dipandang serta terkesan seram. Untuk itu, solusinya adalah dengan menggunakan mesin pemotong rumput. Dengan bantuan mesin pemotong rumput, perawatan rumput akan jadi lebih mudah dan cepat. Adapun menggunakan mesin pemotong rumput memang tidak membutuhkan keahlian khusus dan terkesan sederhana, namun jika tidak tepat, itu dapat membahayakan. Berikut ini ada beberapa tips menggunakan mesin potong rumput agar aman dipakai.

Kunjungi Juga : Mesin Fogging

  1. Membaca buku panduan 

Pertama, jangan lupa untuk membaca buku panduan penggunaan mesin potong rumput. Dalam buku pedoman akan dijelaskan secara detail tentang penggunaan mesin. Mulai dari menjalankan atau mengoperasikan, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, sampai cara perawatannya.

  1. Periksa kelengkapan mesin 

Biasakan untuk memeriksa mesin, apakah ada rantai yang kendur atau bagian mesin yang hilang. Segera ganti jika ada kelengkapan yang rusak. Jika ada yang kendur, seperti pisau pemotong, maka Anda harus mengencangkannya agar tidak lepas, karena jika lepas, itu akan sangat membahayakan.

  1. Pakai pelindung diri

Yang dimaksud pakai pelindung diri di sini, yaitu memakai alat pelindung diri saat menggunakan mesin pemotong rumput. Adapun alat pelindung diri (APD) yang dimaksud adalah sarung tangan, sepatu, dan kalau perlu pelindung kepala. Semua itu guna untuk melindungi diri Anda jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada mesin. Contohnya, menggunakan sepatu guna untuk melindungi kaki agar tidak terluka saat menggunakan mesin pemotong rumput.

  1. Atur kecepatan

Untuk mesin pemotong rumput, tombol/tuas untuk kecepatannya terbagi menjadi 3, yaitu start, kecepatan penuh, dan stop. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Jika rumputnya masih tidak terlalu tinggi, jangan menggunakan kecepatan penuh karena itu sangat berbahaya!

  1. Buang bahan bakar lama

Jangan biarkan bahan bakar ada di tangki mesin lebih dari sebulan! Hal ini dikarenakan bahan bakar yang dibiarkan tersimpan di dalam mesin dapat menyebabkan masalah, bahkan dapat merusak mesin. Maka dari itu, setelah mesin dipakai, jangan lupa mengeluarkan bahan bakarnya agar mesin tidak menjadi rusak!

  1. Membersihkan 

Biasanya setelah dipakai untuk memotong rumput, akan ada tanah-tanah yang menempel atau potongan rumput yang tersisa di mesin pemotong rumput. Untuk itu, diperlukan pembersihan rutin. Dengan membersihkan mesin secara rutin, itu akan membuat mesin menjadi lebih efisien bekerja dan tahan lama.

Itulah beberapa tips menggunakan mesin potong rumput agar aman dipakai. Bagi Anda yang tertarik untuk memperoleh mesin potong rumput berkualitas, maka Anda bisa mempercayakannya pada Teknikmart, sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official Teknikmart di https://www.teknikmart.com/

Share: