Tips Membuat Lemari Pakaian Dari Bahan Tripleks

Membuat lemari pakaian bisa Anda praktekan sendiri dirumah. Umumnya tripleks plywood atau lebih dikenal dengan nama multipleks menjadi pilihan favorit masyarakat dalam pembuatan perabotan rumah tangga. Selain harganya yang ekonomis dibandingkan kayu jati, multipleks memiliki daya tahan yang kuat terhadap retakan, plintiran dan lengkungan. Seiring perkembangan, jenis tripleks plywood dirancang dengan beberapa kelebihan khusus seperti tahan terhadap air, memiliki daya redap terhadap suara dan memiliki lapisan permukaan yang berseni. Biasanya tripleks plywood terbuat dari kayu pinus, sungkai dan sengon.

Disamping kelebihan-kelebihan diatas, tripleks plywood juga memiliki kekurangan yaitu tidak tahan terhadap cuaca ekstrim, sehingga penggunaan tripleks plywood tidak dapat untuk membuat prabot rumah tangga yang ada di luar ruangan. Selain itu membutuhkan tingkat ketelitian tinggi pada saat melakukan finishing agar hasilnya memuaskan. Tapi anda tidak perlu khawatir dengan kekurangan dari tripleks plywood ini, karena ada cara untuk menyiasatinya.

Alat, Bahan dan Langkah Pembuatan :

Untuk membuat lemari pakaian dari tripleks playwood membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut. :

  • Multipleks setebal 18 milimeter sebanyak 3 lembar,
  • Tripleks setebal 6 milimeter sebanyak satu lembar,
  • Lem putih dan lem kuning
  • HPL/ decosit/ melamin/ sungkai untuk finishingnya,
  • Sekrup sepanjang 5 atau 8 inchi,
  • Engsel sendok atau engsel kupu-kupu,
  • Rel laci.

 Selain bahan-bahan di atas, Anda perlu penyiapkan peralatan sebagai berikut untuk digunakan :

  • Gergaji.
  • Bor listrik,
  • Palu,
  • Siku besi,
  • Meteran,
  • Pensil kayu sebagai penanda.

Cara membuat lemari pakaian dari tripleks :

1. Langkah pertama, buatlah sketsa lemari dua pintu di kertas dengan ukuran standar sebagai berikut :

  • Lebar samping 60 cm
  • Lemar depan 120 cm
  • Tinggi 200cm

2. Siapkan tiga (3) buah multipleks dengan tebal 18mm untuk bagian samping lemari. Potong panjang dan lebar dengan ukuran 200cm x 60cm. 3 tripleks ini akan digunakan untuk 2 sisi luar dan 1 sisi dalam/sekat. Kurangi 15cm tripleks bagian dalam yang nanti nya kan digunakan untuk bagian dasar lemari.

3. Siapkan dua buah tripleks masing-masing dengan ukuran 120cm x 60cm untuk bagian dasar dan atasnya.

4. Tambahakan komponan lemari sesuai keinginan.

5. Rakit bagian gantungan, rak dan laci menggunakan lem dan sekrup dengan bor listrik.

6. Untuk sisi belakang, potonglah selembar tripleks berukuran 4mm lalu perkuat dengan paku.

7. Buatlah pintu lemari sesuai dengan ukuran dan potonglah. Setelah pas kemudian pasanglah pintu. Tambahkan cermin, engsel dan kunci.

8. Gunakan cat /bahan pelapis HPL untuk finishing untuk akhir yang sempurna.

Memotong Triplek Plywood

Membutuhkan teknik yang tepat untuk memotong tripleks agar hasilnya rapih dan lurus. Pada permukaan luar tripleks bisa mengelupas dan memberikan hasil yang kurang rapi bila tidak dilakukan pemotongan yang hati-hati. Sebaiknya gunakan gergaji jigsaw untuk memotong tripleks agar hasil potongan rapi dan sempurna.

Pakai Gergaji Khusus

Gergaji jig saw merupakan pemotong triplek plywood /multipleks yang tepat digunakan. Untuk penggunaan gergaji table circle saw, posisikan permukaan  rata triplek plywood di bagian atas. Dan untuk penggunaan gergaji jenis portable  circle saw maka permukaan rata triplek plywood berada diposisi bagian bawah.

Rapikan Sisi Luar Tripleks

Agar mendapatkan garis potong yang rapi maka haluskan terlebih dahulu sisi luar triplek. Caranya, sebelum tripleks di potong  maka belah salah satu bagian dengan ukuran Panjang dan lebar 10mm.

Pasang Selotip Sepanjang Garis Potong

Sebelum memotong, tempelkan selotip di sepanjang garis potong tripleks. Hal ini dilakukan agar lapisan vinyl tripleks tidak mudah terkelupas sehingga memberikan hasil potong yang rapi tanpa merusak lapisan vinyl. Kiat ini cocok digunakan pada pemotongan skala kecil agar efisien waktu.

Landasi dengan Kayu

Selain menggunakan selotip, anda juga bisa menggunakan kayu sebagai landasan untuk pemotongan tripleks agar mendapatkan hasil yang rapi. Kayu memiliki struktur yang kuat sehingga dapat menahan serat agar tidak terjadi keretakan. Gunakan kayu solid tepat dibawah lembaran tripleks sebagai dasarnya.

Hindari pemotongan tripleks melintang arah serat tripleks sebab dapat mengakibatkan hasil potongan yang kasar dan tidak rapi. Selain itu perhatikan luar papan tripleks agar dapat menghasilkan potongan yang hemat. Buatlah pola sebelum melakukan pemotongan. Agar menghemat waktu maka pastikan anda memotong semua yang memiliki ukuran yang sama dalam satu potongan.

Anda dapat melakukan kiat diatas dengan batuan teman untuk memotong dan mendesai lemari sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat ya guys.



Kunjungi Juga Produk Unggulan Teknikmart : 


Share: