Tips Merawat Mata Bor

Mata bor merupakan suatu alat yang berfungsi untuk membuat lubang pada kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca. Banyak sekali jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan mesin bor, beda jenis beda pula fungsinya. Maka dari itu kita perlu menggunakan mata bor yang tidak hanya bagus tetapi bisa melubangi dasar apapun baik itu besi, kayu, beton dengan cepat dan mudah.

Menjaga mata bor sangat penting karena akan mempengaruhi kecepatan dalam membor objek dan memakan waktu lama pad saat pengoperasian jika mata bor rusak dan tidak tajam lagi. Berikut tipsuntuk merawat mata bor agar tidak cepat rusak.

Material yang di Bor

Kita harus mengetahui objek apa yang akan kita lubangi dengan bor, karena semakin keras bahan material objek maka semakin lamban putaran mesin yang di anjurkan. Standar kecepatan untuk melubangi material kayu adalah 0-2600 rpm, sedangkan untuk melubangi material stainless steel adalah 0-2900 rpm.

Putaran Mesin (RPM)

Gunakan mata bor yang tepat saat ingin melubangi objek dengan memilih mata bor yang dapat disesuaikan dengan tebal dan material objek yang ingin dilubangi, karena semakin besar diameter mata bor yang di gunakan maka semakin lamban daya putarannya dan begitu juga sebaliknya.

Pendinginan

Semprotkan air ketika mata bor sedang melakukan penggerusan pada suatu material (biasanya material metal), terutama jika ingin digunakan dalam waktu yang lama, karena mata bor memerlukan proses pendinginan agar dapat awet dan tahan lama.

Pengasahan (penggerindaan)

Agar mata bor dapat bertahan lama. Periksalah kembali apakah hasil asahan Anda sudah tepat atau belum, karena bentuk sisi potong yang kurang baik akan menimbulkan kerusakan seperti mata bor cepat tumpul, terasa bahannya keras, hasil lubang yang tidak bagus dan cepat panas.

Itulah beberapa tips untuk membuat  mata bor Anda awet dan tidak cepat tumpul atau rusak, yang dapat membuat anda hemat karena perlengkapan anda menjadi tahan lama. Untuk produk produk mata bor serta bor listrik terlengkap hanya di teknikmart.com

Artikel Lainnya: Jenis Mata Bor dan Fungsinya

Share: