Peralatan Yang Biasa Digunakan Dengan Mesin Bor

Mesin bor kerap digunakan di perusahaan bidang manufakturing elektronika maupun industri dan perbengkelan. Saat ini mesin bor terbagi menjadi mesin bor duduk  dan bor tangan, akan tetapi memiliki bagian utama dan fungsi yang sama. Kali ini teknikmart akan mengulas tentang peralatan yang biasa digunakan dengan mesin bor agar anda dapat menggunakannya dengan baik dan benar.

Berikut ini merupakan peralatan yang biasa digunakan dengan mesin bor :

1. Base atau Dudukan

Penopang dari seluruh komponen mesin bor adalah base. Base terletak pada bagian paling bawah. Base atau dudukan ini harus di pasang dengan kuat agar mesin bor dapat bekerja secara akurat.

2. Column atau Tiang

Pada saat proses pengeboran column/tiang berfungsi sebagai penyangga. Bagian ini memiliki alur/rel yang berfungsi sebagai jalur gerak vertikal dari meja kerja. Column/ tiang berbentuk silinder.

3. Table atau Meja

Table/meja berfungsi untuk meletakan benda kerja yang akan dibor. Meja kerja dapat disesuaikan secara vertikal agar dapat mengakomodasi ketinggian pekerjaan yang berbeda, dapat juga di putar kekiri dan kekanan dengan ujung poros yang menempel pada tiang, pada bagian ini dilengkapi dengan pengunci/table clamp agar posisi dapat disesuaikan.

4. Drill atau Mata Bor

Mata bor berfungsi untuk membuat lubang pada material benda kerja. Mata bor yang umum digunakan adalah mata bor spiral, jenis ini memiliki daya hantar yang sangat baik dan bidang potongnya dapat diasah tanpa mengubah diameter bor.

5. Spindle

Spindle berfungsi untuk mencekam/memegang mata bor.

6. Spindle head

Bagian ini merupakan rumah dari konstruksi spindle digerakan oleh motor dengan sambungan belt yang di atur oleh drill feed handle.

7. Drill Feed Handle

Bagian ini berfungsi untuk menekan/menurunkan spindle dan mata bor ke benda kerja.

8. Kelistrikan

Listrik merupakan penggerak utama dalam mesin bor. Kelengkapannya dimulai dari kebel penghubung, kabel power, saklar, lampu indikator dan sekring.

 

Baca juga : Cara merawat mesin bor dan Perbedaan mesin bor duduk dengan mesin bor tangan.

Share: