Perbedaan Mesin Bor Duduk Dengan Mesin Bor Tangan

Mesin bor merupakan alat yang sering digunakan dalam pekerjaan kerajinan kayu dan pertukangan. Fungsi alat ini digunakan untuk membuat lubang, alur, perluasan dan penghalusan presisi yang akurat. Terdapat macam-macam mesin bor diantaranya bor tangan dan bor duduk. Kedua mesin ini memiliki perbedaan sistem dan kegunaan. Dengan adanya alat ini sangat membantu pekerjaan dari segi efisien waktu maupun keakuratan yang dihasilkan dari keahlian sumber daya manusia yang mengoperasikan. Ada berbagai macam jenis dan fungsi kegunaan mesin bor, namun yang paling sering digunakan adalah jenis bor tangan dan duduk karena mudah dalam pemakaiannya.

Berikut perbedaan mesin bor tangan dan bor duduk :

1. Mesin bor tangan

Alat ini berbentuk seperti pistol dan dioperasikan menggunakan tangan. Umumnya alat jenis ini digunakan untuk melubangi kayu, plat logam dan tembok. Namun tidak hanya itu, bor tangan juga berfungsi untuk mengencangkan atau melepas baut karena dapat berputar ke kiri maupun ke kanan. Terdapat berbagai macam ukuran, spesifikasi, fungsi dan kapasitas pada mesin bor tangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaanya.

2. Mesin bor duduk

Dinamakan mesin bor duduk karena bentuknya yang menyerupai seperti orang yang sedang duduk. Berbeda dengan mesin bor tangan, jenis mesin bor duduk memiliki prinsip kerja menggengam mata bor yang kemudian bergerak memutar untuk menghasilkan sebuah lubang pada media. Mesin ini digunakan untuk melubangi benda kerja dengan diameter kecil. Cara menggunakan mesin ini dengan menarik tuas, yang kemudian mata bor dan kepala bornya akan turun kebawah.

Demikian perbedaan kedua benda karja tersebut, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita dan membantu anda yang ingin membeli mesin tersebut. Teknikmart.com meyediakan berbagai macam kegunaan, spesifikasi, kapasitas dan ukuran mesin bor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga : Jenis mesin bor dan cara merawat mesin bor

Share: