Jenis Mesin Bor

Mesin Bor ialah alat yg digunakan untuk membuat lubang, alur, peluasan, & penghalusan dengan presisi & akurat.cara kerja mesin bor yakni dengan memutarkan alat pemotong yg arah pemakanan mata bor hanya terhadap sumbu mesin tersebut. Fasilitas ini amat memudahkan tugas manusia dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam industri. Dalam perkembangannya mesin bor terdiri dari beraneka type sesuai dengan kegunaan & fungsinya masing-masing. Berikut yaitu macam-macam type mesin bor :


1. Mesin bor meja

Mesin ini digunakan untuk membuat lobang benda kerja dengan diameter kecil. Mesin ini di taruh diatas meja pada proses pengerjaannya. Prinsip kerja  mesin ini ialah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin, sehingga poros berputar. Kemudian poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor bisa digerakkan naik dan turun dengan bantuan roda gigi lurus serta gigi rack yang bisa mengatur tekanan pemakanan ketika pengeboran.


2. Mesin bor lantai

Mesin bor lantai adalah mesin bor yang dipasang pada lantai. Mesin bor lantai disebut juga mesin bor kolam. Jenis lain mesin bor lantai ini adalah mesin bor yang mejanya disangga dengan batang pendukung. Mesin bor jenis ini umumnya dibuat untuk mengebor benda kerja yang besar serta berat


3. Mesin bor tangan

Mesin bor ini umumnya digunakan untuk melubangi tembok kayu atau plat logam, hal ini bergantung pada mata bor yang di pasang. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengencangkan ataupun melepaskan baut sebab dilengkapi dengan dua putaran yaitu kiri serta kanan. Mesin bor tangan tersedia dalam bermacam ukuran, kapasitas, fungsi serta bentuknya masing-masing.


4. Mesin bor koordinat

Mesin bor ini pada umumnya sama dengan mesin bor yang lainnya, bedanya terletak pada sistem pengaturan posisi pengeboran. Mesin bor koordinat dipakai untuk membuat atau membesarkan lubang dengan jarak titik pusat serta diameter lubang antara masing-masingnya mempunyai ukuran serta ketelitian yang tinggi. Untuk memperoleh ukuran ketelitian tinggi tersebut dipakai memerlukan meja kombinasi yang bisa diatur dalam arah melintang serta memanjang dengan bantuan sistem optik. Ketepatan serta ketelitian ukuran dengan sistem optik bisa diatur hingga menjangkau toleransi 0,001 mm.


5. Mesin Bor Tegak atau Vertical Drilling Machine

Digunakan untuk mengerjakan benda kerja dengan ukuran yang lebih besar, dimana proses pemakanan dari mata bor dapat dikendalikan secara otomatis naik turun. Pada proses pengeboran, poros utamanya digerakkan naik turun sesuai kebutuhan. Meja dapat diputar 3600 , mejanya diikat bersama sumbu berulir pada batang mesin, sehingga mejanya dapat digerakkan naik turun dengan menggerakkan engkol. 


6. Mesin bor Radial

Mesin bor jenis ini khusus didesain untuk mengebor benda-benda kerja yang berukuran besar serta berat. Mesin bor ini langsung dipasang di lantai, sedangkan untuk meja mesinnya sudah terpasang secara permanen terhadap landasan ataupun alas mesin. Pada mesin ini, benda kerjanya tik bergerak. Untuk menjangkau proses pengeboran terhadap benda kerja, pada poros utamanya yang digeser ke kanan serta ke kiri dan bisa digerakkan naik turun melalui perputaran batang berulir.

Share: