Alat Perkakas Yang Wajib Dimiliki Untuk Pengerjaan Kayu

Alat Perkakas Yang Wajib Dimiliki Untuk Pengerjaan Kayu

Dengan ketersediaan alat perkakas kayu yang lengkap mempermudah anda dalam membuat kerajinan kayu seperti lemari, meja, kursi, rak dan lain sebagainya. Andapun dapat mengukir atau mendesain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Jika anda ingin menekuni hobi kerajianan kayu, maka ada beberapa macam perkakas yang perlu anda miliki agar pengerjaan kerajinan kayu memberikan hasil yang presisi dan berkualitas.

Berikut teknikmart jabarkan apa saja perkakas yang dibutuhkan untuk woodworking

1. Roll meter / Meteran

Roll meter, alat ini berfungsi untuk mengukur panjang, jarak serta lingkaran. Umumnya alat ini berbahan plat baja tipis atau plastik. Pada roll meter berbahan baja memiliki konstruksi khusus yang dapat membuat meteran ini menggulung kembali secara otomatis dan terdapat tuas untuk menggulung. Roll meter memiliki satuan mm, cm, feet  dan inchi. Biasanya tersedia dalam ukuran panjang 5 meter, 10 meter, 30 meter hingga 50 meter.

2. Alat pengukur sudut

Alat pengukur sudut berfungsi untuk mengukur kemiringan sudut dengan akurat. Salah satunya adalah siku-siku silang 90°, alat ini memiliki sudut permanen 90° dengan konstruksi mati sehingga hanya bisa memeriksa kerataan permukaan dan membuat garis sudut 90°.

Selain itu terdapat alat ukur siku putar yang lebih fleksibel penggunaannya. Alat ini mempermudah pekerjaan yang melibatkan sudut karena alat ini bisa diputar sesuai dengan kemiringan sudut yang ingin dibuat.

3. Gergaji

Gergaji atau handsaw merupakan alat manual untuk memotong kayu dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan tebal media. Alat ini berbahan baja tipis berkualitas tinggi dengan gigi runcing, umumnya alat ini memiliki panjang 200mm hingga 300mm dengan jarak ujung gigi 0,8 sampai dengan 1,8mm.

Adapula gergaji yang menggunakan mesin seperti jigsaw dan circular. Pada gergaji jigsaw mesin ini cocok untuk memotong media yang tipis seperti triplek. Alat ini memiliki mata pisau yang tipis dan pergerakan matanya naik turun saat digunakan.

Selain itu pada gergaji circular alat ini cocok untuk memotong media kayu yang tebal tergantung dengan jari-jari mata pisau yang digunakan. Seperti pada gerinda, gergaji circular memiliki sistem kerja yang sama yaitu mempunyai pisau berbentuk lingkaran dengan gerakan memutar.

4. Mesin bor

Mesin bor atau drilling machine merupakan alat yang berfungsi untuk membuat lubang pada media kayu yang diameter lubangnya dapat disesuaikan dengan mata bornya. Ada beberapa jenis mata bor yang sering digunakan untuk pekerjaan kayu yang tidak terlalu keras yaitu mata bor baja soft law carbon steel dan mata bor baja high speed untuk pengerjaan jenis kayu keras.

5. Alat serut kayu (Wood Planer)

Alat serut kayu atau wood planer berfungsi untuk menghasilkan permukaan kayu yang rata dan halus. Mesin ini mempunyai pahat pemotong bolak-balik. Hasil penyerutan ini menjadi proses yang penting sebelum kayu di finishing.

6. Mesin profil pahat (Scroll Saw)

Mesin profil pahat atau scroll saw alat ini mempermudah pembuatan lubang pada kayu dengan ketebalan 55mm, seperti pada pembuatan lubang kunci. Selain itu alat ini dapat digunakan untuk membuat ukiran 2D hingga 3D, serta juga dapat dipakai untuk menghasilkan kerajinan tangan.

7. Palu besar dan palu kecil

Palu atau hammer berfungsi untuk menancapkan paku dan memukul permukaan suatu media atau membuat pahatan secara manual.

8. Obeng minus dan plus

Obeng atau screwdriver merupakan kelengkapan kerajinan kayu yang digunakan untuk memasang aneka aksesoris. Contohnya seperti pada pemasangan slot kunci, grandel dan lain sebagainya.

9. Wood Router

Wood router, perkakas listrik ini biasa digunakan untuk mengupas material kayu yang relatif keras. Cara menggunakannya dengan genggam dan ikat media kayu yang ingin dikerjakan agar permukaan kayu yang ingin dikupas tidak goyang sehingga memberikan hasil yang sejajar dan rapi.

10. Wood chisel

Alat pahat kayu atau wood chaisel digunakan untuk art woodworking dan dapat juga digunakan untuk memahat kayu biasa. Penggunaanya cukup simple dan memerlukan konsentrasi serta keterampilan tangan. Alat ini umum digunakan pekerja kayu untuk membentuk, mengupas dan mengukir kayu.

Baca juga : Jenis mesin bor dan tips memilih power tools

Share: