Tips Memilih Power Tools

Power tools merupakan alat yang membantu membuat segala proyek berjalan lancar dan efisien waktu. Alat ini cukup familiar di dunia industri maupun rumahan, usaha kecil menengah seperti bengkel pun wajib memiliki salah satu power tools ini. Walaupun alat ini lebih efisien, namun keakuratan dan ketepatannya tergantung pada penggunanya. Pada saat hendak membeli power tools ada baiknya Anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu di pertimbangkan agar memilih power tools yang baik dan sesuai dengan kebutuhan sehingga anda tidak menyesal dikemudian hari.

Simak yuk guys beberapa tips memilih power tools di bawah ini

1. Fungsi dan kegunaan Power Tools

Salah satu hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang individu Anda harus tahu fungsi dan jenis power tools seperti apa yang Anda butuhkan, karena ada berbagai macam fungsi power tools yang tidak bisa digunakan untuk fungsi yang lain, jika alat tersebut dipaksakan bekerja tidak sesuai fungsi dan kegunaannya maka akan merusak mesin dan memberikan hasil yang tidak sesuai pada media.

2. Frekuensi Penggunaan Power Tools

Pada saat hendak membeli power tools, pertimbangkan seberapa sering alat tersebut akan digunakan, pastikan unit memiliki garansi resmi dalam waktu yang lama agar kualitas mesin terjamin dari kerusakan pabrik.

3. Brand/ Merk Dagang yang Memiliki Reputasi baik

Brand merupakan image dari perusahaan, maka jika hendak ingin membeli power tools usahakan memiliki reputasi brand yang baik seperti BOSCH dan HITACHI. Selain diakui oleh banyak khalayak, brand tersebut memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri.

4. Dimensi Power Tools

Pastikan ukuran dan spesifikasi unit sesuai dengan yang anda butuhkan. Beberapa perkakas tangan dirancang dengan ukuran kecil agar dapat menjangkau tempat-tempat kecil dan sempit sehingga dapat menjadi alternatif dibandingkan dengan ukuran yang besar. Pertimbangkan juga berat yang dimiliki unit tersebut agar nyaman saat digunakan.

5. Pengecekan sebelum Pemakaian

Pastikan terdapat buku petunjuk manual pada saat hendak membeli sebuah power tools. Hal penting lainnya adalah Anda harus memeriksa power tools sebelum digunakan. Pastikan unit tersebut memiliki sertifikat berstandar nasional maupun internasional dan memiliki tag label yang menunjukan tanggal test dan test ulang yang berarti unit tersebut lolos tes pengujian oleh para ahli. Sebaiknya hindari  menggunakan unit yang tidak memiliki label tersebut untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga : Jenis mesin bor & Jenis mesin gerinda dan fungsinya

Share: