Perkakas Yang Wajib Ada Di Dalam Kendaraan Anda

Saat hendak berkendara dengan mobil, baik itu perjalanan jarak jauh maupun dekat sebaiknya terdapat perkakas pendukung yang wajib ada didalam mobilmu. Selain untuk keselamatan hal ini juga bertujuan membantu agar kondisi kendaraan selalu dalam keadaan baik.

Berikut teknikmart.com jabarkan perkakas wajib ada di dalam kendaraan :

1. Tool kit

Tool kit adalah peralatan serbaguna yang memiliki banyak fungsi dalam perbaikan kendaraan Anda. Biasanya didalam tool kit terdapat obeng, tang, lem besi, senter, kunci inggris, kunci pas, selotip dan perangkat penting lainnya. Sebaikknya tool kit disimpan di bagasi karena tool kit memakan cukup banyak tempat pada kendaraan anda.

2. Dongkrak

Ada beraneka macam bentuk dongkrak dengan fungsi yang berbeda-beda, dongkrak memiliki dua sistem yaitu  sistem mekanik dan sistem hidrolik. Sediakan dongkrak yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Alat ini berfungsi mengangkat kendaraan untuk proses ganti/perbaikan ban.

3. Kunci Roda

Kunci roda berfungsi untuk melepas dan mengganti mur pada roda kendaraan. Kunci roda memiliki kepala soket segi enam dan terbuat dari batang baja. Umumnya kunci roda tersedia dalam bentuk L, kunci roda engkol dan kunci roda palang.

4. Kotak P3K

P3K wajib Anda miliki di kendaraan, sebab P3K berfungsi untuk pertolongan pertama sementara jika anda mengalami kecelakaan pada saat memperbaiki kendaraan sebelum menuju ke klinik atau bisa juga untuk mengobati luka pada penumpang.

Demikian ulasan perkakas yang wajib ada dalam kendaraanmu, semoga info ini dapat bermanfaat dalam perjalanan berkendara anda.

Baca juga : Jenis dongkrak & fungsinya dan tips merawat dongkrak

Share: