Jenis Dongkrak dan Fungsinya

Dongkrak atau car jack merupakan alat yang dapat mengangkat barang  berat dengan bantuan tenaga manusia yang sering digunakan untuk mobil. Alat  ini berfungsi untuk mengangkat mobil dalam proses mengganti ban, namun car jack juga dapat digunakan untuk inspeksi atau perbaikan sistem pengereman.

Dalam perkembangannya kini car jack digunakan pada kendaraan mobil, kereta, sepeda motor dan yang lainnya.

Macam-macam Dongkrak dan fungsinya:

1. Dongkrak Gunting

merupakan peralatan standar yang ada pada setiap mobil, biasanya alat ini di sertakan dalam pembelian mobil baru. Alat ini memiliki bentuk hampir menyerupai gunting, selain itu alat ini di sebut juga car jack ketupat atau jembatan. Cara menggunakan alat ini adalah dengan memutar poros ulir searah jarum jam untuk mengencangkan dan memutar kearah sebaliknya untuk mengendorkan. Kelebihan car jack gunting adalah praktis dalam penggunaannya, tidak memakan banyak tempat, harganya murah dan mudah dalam perawatannya, namun membutuhkan banyak tenaga dalam penggunaannya.

2. Dongkrak Botol

Untuk  jenis ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai botol. Alat jenis ini menggunakan sistem hidrolik sehingga hanya dipompa menggunakan tuasnya untuk mengangkat mobil dan cukup mengendorkan katup untuk menurunkannya. Dengan alat ini mengangkat mobil terasa lebih ringan karena menggunakan sistem hidrolik. Untuk jenis ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari 2 ton, 5 ton, 15 ton, 27 sampai 100 ton. Maka jika anda ingin membeli car jack ini sesuaikan dengan jenis mobil dan muatannya.

3. Dongkrak Buaya

Dinamakan Car jack buaya kerena bentuknya seperti mulut buaya pada saat digunakan. Alat ini menggunakan sistem hidrolik dan memiliki 4 roda sehingga dapat digunakan dalam segala medan seperti pada medan miring atau tidak rata. tidak seperti jenis botol yang dipergunakan untuk mobil besar, Jenis ini cocok digunakan untuk mobil ukuran kecil seperti sedan dan lain-lain. Car jack jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar dan tersedia dari kapasitas 1,5 ton, 2 ton, 2,5 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 20 ton.

4. Dongkrak Botol Buaya

Alat ini merupakan perpaduan antara Car jack botol dan Car jack buaya. Kelebihan dari jenis ini yaitu memiliki kapasitas pengangkatan lebih besar. Biasanya alat jenis ini tersedia dalam kapasitas 22 ton, 35 ton dan 50 ton.

5. Dongkrak Kereta

Untuk jenis ini memiliki sistem putar digunakan pada perbaikan rel kereta api atau saat evakuasi kereta bila terjadi kecelakaan. Biasanya tersedia dalam  kapasitas 1,5 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 16 ton dan 20 ton. Sedangkan jenis kereta Farm Jack biasanya digunakan oleh para off roader untuk mengangkat badan mobil saat terjebak dilumpur atau tanah becek.

6. Dongkrak Penyangga Sepeda Motor

Alat ini banyak digunakan bengkel sepeda motor untuk menyangga sepeda motor pada saat di service agar mempermudah operator melakukan pengecekan dan perbaikan. Alat ini tidak memakan tempat terlalu banyak sehingga mudah dalam peletakannya.

 

Baca juga : Tips Merawat Dongkrak

Share: