Kenali Jenis Kompresor Angin Sesuai Kebutuhanmu

Kompresor angin atau air compressor adalah mesin yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan. Mesin ini sering kita jumpai di dunia industri maupun perbengkelan sebab alat ini dapat digunakan dalam banyak hal seperti untuk mengisi angin ban, membersihkan mesin, mencuci kendaraan, pengecatan, dan menggerakan alat yang menggunakan sistem pneumatic.

Jika kamu berniat untuk membeli kompresor angin ada baiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya agar anda mendapatkan jenis kompresor yang sesuai dengan kebutuhan.

Secara umum kompresor angin dibedakan menjadi 4 jenis yaitu sebagai berikut :

1. Air compressor Mini

Kompresor Mini

Umumnya air compressor mini tidak menggunakan tabung tekanan karena bentuknya yang mini/kecil. Alat ini digunakan untuk pengecatan sederhana dengan menggunakan spraygun atau air brush.

2. Air compressor Direct Driven

Kompresor Direct Driven

Alat jenis ini menggunakan penggerak yang terkoneksi langsung dengan pompa udara. Kelebihan jenis ini adalah kecepatan pengisian mencapai 2850 rpm menggunakan single piston dalam pompa air. Kelemahan dari jenis ini adalah suara yang bising dan mengeluarkan angin.

3. Air compressor Belt Driven

Kompresor Belt Driven

Alat jenis ini biasanya umum digunakan oleh jasa penambalan ban. Alat ini menggunakan sistem yang terkoneksi antara tenaga penggerak dan pompa udara dengan menggunakan v-belt. Air compressor jenis belt driven menggunakan  bahan bakar bensin atau motor listrik sebagai tenaga penggeraknya.

4. Air compressor Screw

Mesin jenis ini biasanya memiliki bentuk yang cukup besar dan  membutuhkan debit udara yang tinggi. Jenis alat ini dapat digunakan secara terus menerus 24 jam non stop.

 

Air compressor angin memiliki sumber penggerak yang di bagi menjadi 2 yaitu

1. Air compressor listrik

Mesin jenis ini biasanya digunakan bengkel-bengkel kecil karena alat ini mengandalkan tenaga listrik dan kapasitas tekanannya pun lebih kecil.

2. Air compressor manual

Sedangkan jenis manual menggunakan bahan bakar bensin dan banyak digunakan oleh bengkel-bengkel besar karena memiliki kapasitas tangki mesin yang lebih besar.

Harga kompresor angin bervariasi tergantung merk dan ukuran PK (daya kuda), biasanya semakin tinggi PK nya maka akan semakin mahal pula harganya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan kompresor yang tepat untuk anda gunakan.

Baca Juga : Cara Perawatan Kompresor Angin

Share: