Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet

Aki merupakan sumber listrik pada mobil, ciri – ciri aki yang mulai berfungsi tidak baik ditandai dengan lampu-lampu yang kurang terang dan suara klakson yang terdengar melemah. Penyebab menurunnya fungsi aki mobil biasanya diakibatkan perawatan yang kurang baik.

Sebaiknya kita harus memperhatikan bagaimana cara merawat aki mobil supaya tetap berfungsi dengan baik :

1. Memilih air aki yang benar

Pada saat melakukan pengisian air aki, sebaiknya gunakan air aki yang sesuai. Ada dua macam jenis air aki yaitu air aki yang mengguakan kemasan botol warna merah dan air aki yang menggunakan botol warna biru.

Air aki yang menggunakan botol warna merah biasanya disebut dengan Accu Zuur yang berisi H2SO4, asam sulfat. Untuk air aki botol warna merah bisa digunakan untuk mengisi aki baru yang berada dalam keadaan kosong dan belum pernah di isi.

Sedangkan aki yang menggunakan botol berwarna biru berisi air murni atau H2O. Aki dalam botol warna biru biasa digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang.

2. Tidak cukup hanya dengan memanaskan mesin mobil

Beberapa orang beranggapan apabila mobil jarang dipakai, maka aki menjadi lebih tahan lama. Faktanya, justru mobil yang jarang dipakai akan mengakibatkan aki menjadi tekor. Lalu bagaimana solusinya?

Tidak cukup hanya dengan memanaskan mesin mobil sesekali saja, sebaiknya mobil digunakan berjalan-jalan sebentar. Hal ini perlu dilakukan karena apabila hanya memanaskan mesin mobil yang berada dalam kondisi diam ternyata tidak maksimal untuk menyebabkan terjadinya pengisian arus listrik ke aki dalam jumlah yang cukup. Oleh karenanya, mobil harus digunakan untuk berjalan-jalan sebentar agar tekanan RPM dapat mencapai nilai di atas 2000 RPM maka akan membuat arus listrik yang akan di supply ke aki menjadi lebih maksimal.

3. Pemeriksaan terminal pada aki

Pada saat melakukan pemeriksaan berkala pada aki, sebaiknya perhatikan kondisi terminal aki positif dan negatif. Biasanya di bagian tersebut timbul korosi. Apabila mulai timbul korosi, secepatnya dibersihkan dengan cara menyiramnya menggunakan air panas. Pastikan siraman air panas tersebut tidak mengenai part lainnya.

Apabila terminal aki kotor, muncul seperti kerak berwarna kehijauan, secepatnya dibersihkan dengan menggunakan amplas atau sikat kawat. Terminal aki yang kotor akan mengakibatkan pasokan aliran listrik menjadi terhambat.

4. Melepas terminal negatif pada aki

Apabila mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya lepaskan terminal negatif pada aki. Lalu bungkus kepala aki yang dilepas dengan menggunakan kain. Dengan cara ini maka tidak akan timbul arus listrik yang bocor.

5. Melepas dan memasang aki dengan benar

Apabila hendak melepas atau memasang aki, sebaiknya selalu lakukan dengan benar. Pada saat memasang aki, pasang terlebih dahulu kutub positif kemudian pasang kutub negatif. Pada saat akan melepas aki, lepaskan dahulu pengait yang ada di kutub negatif, kemudian lepaskan pengait yang ada di kutub positif. Hal ini akan menghindarkan dari terjadinya korsleting.

6. Indikator pada aki

Pengecekan pada indikator aki ini sebaiknya menjadi salah satu pemeriksaan yang rutin untuk dilakukan. Cek indikator aki dan segera isi air aki apabila ditemukan air aki yang berada di bawah batas normal. Pengisian ini sebaiknya dilakukan di pagi hari sebelum mesin mobil dinyalakan. Pastikan air aki selalu berada pada batas di antara low level dan upper level. Perlu diperhatikan jangan sampai air aki habis atau terlalu sedikit. Hal tersebut bisa mengakibatkan rusaknya sel-sel aki dan akan menjadi melengkung.

7. Temui teknisi yang mengerti aki

Untuk dapat memastikan kondisi aki yang masih prima atau tidak, diperlukan keahlian teknisi yang mengerti aki atau bengkel mobil. Anda bisa datang untuk melakukan pengecekan supaya dapat di periksa kondisi aki-nya. Setelah petugas  menggunakan battery tester untuk memastikan daya listrik yang dihasilkan aki apakah masih sesuai dengan spesifikasinya atau tidak dan apakah aki masih bisa bekerja dengan maksimal atau tidak.

Demikian tips dari Teknikmart untuk merawat aki mobil supaya tetap awet.

Baca juga : Fungsi dan kegunaan aki

Share: