Cara Mengebor Yang Baik Dan Benar

Dengan menggunakan bor anda bisa dengan mudah memasang bracket TV di dinding, memasang fischer, merapikan kabel-kabel yang berantakan, memasang berbagai macam barang di dinding, memasang handle di kamar mandi, dan lain sebagainya. Jika anda pemula dalam hal ini anda tidak perlu kuatir, karena pada artikel ini akan membahas bagaimana cara menggunakan bor yang baik agar hasil bor anda rapi dan efisien dalam pengerjaannya.


1. Gunakan Bor Listrik yang Sesuai

Gerakan memutar dan memukul pada mesin bor berjenis impact drill cocok digunakan pada media beton, sedangkan pada media kayu dan logam tidak perlu menggunakan fitur impact, karena dapat menyebabkan patahnya mata bor dan hasil pengeboran yang tidak presisi.


2. Posisi Pengeboran

Regangkan tangan otot tangan anda. Posisi pengeboran yang tepat dapat membuat kerja mata bor menjadi efektif, menghasilkan lubang yang presisi dan mata bor akan terjaga ketajamanannya sehingga awet. Dengan posisi pengeboran yang tepat juga akan menghemat pembelian mata bor.

3. Kecepatan Putar Mesin Bor

Kecepatan mesin bor yang digunakan sangat penting di perhatikan. Agar mata bor tidak mengalami patah dan cepat tumpul, kecepatan maksimal mesin pada media besi adalah ±10.000 rpm, karena kecepatan mesin sangat berpengaruh terhadap pengeboran dan berdampak pada efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pengeboran, terutama pada pengeboran media besi. Setelan kecepatan putaran mesin bor dipengaruhi oleh ukuran mata bor tersebut, dimana semakin kecil ukuran mata bor, maka kecepatan mesin harus menggunakan setelan maksimum. 


4. Mata Bor yang Tepat

Setiap media menggunakan mata bor yang berbeda, dalam pengeboran ada 3 media yang digunakan yaitu besi, kayu, dan beton (semen). Berikut penjelasan jenis mata bor yang digunakan  berdasarkan medianya.

a. Media Besi

Gunakan mata bor jenis HSS untuk pengeboran pada media besi/logam yang lunak, Tincoated untuk jenis logam dengan tingkat kekerasan sedang dan Cobalt untuk yang keras seperti baja, stainless dll.

b. Media Kayu

Pada media kayu dapat menggunakan mata bor kipas dan lancip, atau bisa juga menggunakan mata bor besi untuk pengeboran pada media kayu

c. Media Beton

Pada media beton harus menggunakan fitur impact drill, mata bor yang digunakan khusus dan tidak bisa disubstitusikan dengan mata bor untuk media lain


5. Ukuran Mata Bor

Agar mendapatkan hasil pengeboran yang rapi dan halus gunakan mata bor dari ukuran kecil, kemudian ganti ke diameter lebih besar dan seterusnya sampai ke diameter lubang yang diinginkan, dengan cara ini anda akan mendapatkan hasil bor yang presisi.


Sebelum melakukan pengeboran jangan lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan, masker, serta kacamata safety agar terhindar dari kecelakaan saat bekerja.


Share: