Cara Menggunakan Mesin Gergaji Jigsaw

Jigsaw merupakan mesin yang bergerak naik turun yang digunakan untuk memotong kayu dan dapat digunakan untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Mesin ini cocok digunakan untuk memotong triplek yang tebal dengan bentuk lingkaran/oval sedangkan kurang cocok digunakan pada pemotongan triplek yang tipis karena akan menghasilkan potongan yang tidak rata.

Terdapat beberapa jenis mata pisau/mata gergaji untuk mesin jigsaw. Ada mata pisau yang halus, kasar dan lain-lain tergantung kebutuhan penggunaan. Mata pisau halus akan lebih memakan waktu tetapi hasilnya akan halus/rapi. Sedangkan sebaliknya dengan mata pisau kasar, penggunaannya lebih efisien waktu namun hasilnya kurang rapi.

Cara Memasang Mata Gergaji Jigsaw :

  • Pastikan colokan/steker jigsaw tidak terhubung dengan stop kontak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Bacalah buku manual penggunaan yang di dapat saat membeli mesin jigsaw, karena cara pemasangan dan penggunaan bisa saja berbeda setiap mereknya.
  • Gunakan kacamata dan pengaman lainnya saat menggunakan jigsaw, agar terhindar dari kecelakaan saat bekerja.
  • Pasanglah mata gergaji dan kencangkan bautnya menggunakan kunci L yang umunya sudah tersedia saat membeli unit jigsaw tersebut.

Cara Menggunakan Jigsaw :

  • Pastikan saklar/switch pada jigsaw pada posisi off sebelum memasang steker pada stop kontak.
  • Nyalakan mesin dengan menekan atau menarik saklar. Umunya pada tipe terentu terdapat saklar untuk menentukan /mengatur kecepatan jigsaw. Untuk mendapatkan kecepatan yang dibutuhkan, putarlah saklar.


Tips Menggunakan Jigsaw : 

Gunakanlah papan sebagai penggaris/guide agar hasil potongan pada kayu lurus. Dengan cara ini maka plat jigsaw akan mengikuti bagian samping papan.

Baca juga : Perbedaan mesin gergaji jigsaw dan circularsaw


Produk Unggulan Dari Teknikmart : 


Share: