Jenis - Jenis Demolition Hammer

Demolition Hammer merupakan mesin yang digunakan untuk menghancurkan dan membongkar beton (concrete) lantai atau jalan aspal. Mesin ini banyak di aplikasikan para pekerja bangunan dan proyek untuk pembongkaran, konstruksi jalan, chipping rel kereta api dan pekerjaan sipil lannya. Demolition hammer merupakan electromechanical/ pneumatic yang menggabungkan palu dengan pahat.

Demolition Hammer umumnya didukung oleh udara terkompresi, namun beberapa diantaranya didukung tenaga listrik. Mesin demolition hammer yang lebih besar seperti yang digunakan mesin konstruksi, biasanya menggunakan sistem hidrolik. Umumnya digunakan untuk memecah batu, beton, aspal, trotoar dan lain-lain. demolition hammer ada 3 jenis yaitu :

1. Electric Demolition Hammer

Jenis ini menggunakan tenaga listrik tetapi tidak menggunakan kompresor. Penggunaannya yang praktis dapat diopersikan di dalam gedung. Electric Delomition Hammer dapat menggunakan berbagai chuck untuk memasang pahat, namun umum yang digunakan adalah tipe SDS-max, 7/8” Hex, TE-S. dan 1-1/8” Hex.

2. Pneumatic Demolition Hammer

Menggunakan sumber tenaga yang dipasok  berasal dari kompresor angin yang digerakan oleh mesin diesel. Jenis ini memiliki 2 kecepatan yaitu kecepatan standar ketika kopling terlepas dan kecepatan maksimum ketika kopling terlibat dan kompresor beroperasi.

3. Gasoline Demolition Hammer

Jenis ini biasanya digunakan untuk pekerjaan tambang dan proyek konstruksi. Mesin ini dapat digunakan untuk memecah dinding vertikal dan tidak memiliki sirkuit listrik tinggi yang dapat menyebabkan memicu percikan, itu sebabnya mesin ini cocok digunakan dipertambangan.

Share: