Mengenal Trafo Step Up dan Step Down

Transformator atau yang biasa dikenal trafo merupakan alat yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik ke tegangan rendah maupun ke tegangan tinggi, penyaluran ini berlangsung dalam frekuensi yang sama. Fungsi ini juga dikenal pula sebagai istilah step up dan step down.

Kali ini teknikmart.com akan membahas apa itu trafo step up dan trafo step down. Semoga ulasan ini dapat membantu dan menambah pengetahuan kita tentang transformator.


Trafo Step Up

Trafo step up memiliki jumlah lilitan sekunder yang lebih banyak daripada lilitan primer. Kita bisa melihat contoh penggunaan transformator step-up ini pada pembangkit tenaga listrik. Fungsinya adalah untuk menaikan tegangan yang dihasilkan dari generator listrik. Ciri lain dari trafo step-up adalah tegangan primer memiliki tegangan yang lebih sedikit daripada tegangan sekunder. Kuat arus primernya lebih besar daripada kuar arus pada lilitan sekundernya.

Ciri ciri trafo step up :

a. Jumlah lilitan kumparan primer selalu lebih kecil dari jumlah lilitan kumparan sekunder, (Np < Ns)

b. Tegangan primer selalu lebih kecil dari tegangan sekunder, (Vp < Vs)

c. Kuat arus primer selalu lebih besar dari kuat arus sekunder, (Ip> Is)


Trafo Step Down

Trafo step down merupakan jenis trafo yang memiliki lilitan primer lebih banyak dari lilitan sekunder ,sehingga trafo jenis ini berfungsi untuk menurunkan tegangan. Trafo jenis ini dimanfaatkan untuk dunia elektronika seperti pada rangkaian power supply,adaptor/charger. Hal ini dikarenakan sifatnya yang dapat menurunkan tegangan tinggi menjadi tegangan yang lebih rendah sehingga lebih mudah untuk dilakukan penyerahan menjadi tegangan DC menggunakan komponen elektronika lainnya seperti Dioda bridge,sehingga kita bisa menggunakan laptop,charger,komputer dll karena manfaat trafo jenis ini.

Ciri – ciri trafo step down

a. Jumlah lilitan kumparan primer selalu lebih besar dari jumlah lilitan kumparan sekunder, (Ip> Ns)


b. Tegangan primer selalu lebih besar dari tegangan sekunder (Vp > Vs)

c. Kuat arus primer selalu lebih kecil dari kuat arus sekunder, (Ip< Is)



Produk Unggulan Dari Teknikmart : 



Share: