Power Tools Yang Wajib Dimiliki Untuk Usaha Bengkel

Power tools merupakan peralatan penunjang perbaikan, alat ini kerap digunakan dalam dunia perbengkelan. Dengan menggunakan power tools akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan bengkel. Umumnya yang sering digunakan adalah impact wrench, drill, hammer, dan die grinder.

Bor Listrik Tangan

Bor listrik tangan atau bisa juga disebut portable electric drill. Seperti Namanya alat ini menggunakan tenaga listrik dan memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan ukuran chuck, ukuran motor dan kecepatan putar. Bentuknya yang seperti pistol dilengkapi drill cover yang umumnya terbuat dari logam atau plastic.

Terdapat sebuah lubang kecil untuk masuk keluarnya sirkulasi udara agar bor tangan ini tidak panas. Pada badan bor biasanya terdapat serial number dengan informasi ukuran RPM nya.

Pada posisi hendle terdapat sebuah trigger untuk mengendalikan putaran mata bor. Selain untuk pengeboran, alat ini juga dapat digunakan untuk pengamplasan dan reamer. Gunakanlah mata bor yang sesuai dengan ukuran dan jenis bahan yang akan dilubangi.

Gerinda Tangan  Listrik

Gerinda tangan listrik memiliki beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengunaannya. Terdapat beberapa bagian penting pada gerinda tangan yaitu :

  • Body gerinda tangan listrik berfungsi menahan drive unit
  • Hendle berfungsi sebagai penyambung power souce
  • Control lev untuk tenaga
  • Grinding wheel

Selain ini fungsi gerinda dapat digunakan untuk memotong atau menghaluskan kayu, logam, kaca, keramik dan juga dapat digunakan untuk memoles permukaan mobil.

Portable Impact Wrench

Potrable impact wrench berfungsi untuk memasang dan melepas baut atau mur dengan cepat. Memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Terdapat dua bentuk yaitu pistol dan tuas. Bentuk pitol mirip seperti bor tangan yang memiliki tuas control untuk power sulpay, sedangkan jenis tuas tidak memiliki handle terpisah. Jenis tuas ini dapat mengubah arah rotasi dan mengoperasikan kecepatan alat.

Potable impact wrench memiliki berat yang cukup ringan sehingga mudah digunakan, keuntungan menggunakan alat ini terletak pada kecepatan melonggarkan dan mengencangkan baut atau mur, karena memiliki tension hingga 33.760 kg. Jangan menggunakan impact tanpa beban karena akan menyebabkan keausan dan pastikan memegang alat ini dengan kuat agar soket tidak terlepas dari mur dan baut.

Air Chisel

Sama seperti jack hammer, air chaisel berfungsi untuk melubangi beton  tetapi air chisel memiliki cycling rate lebih cepat. Air tool memerlukan pelumasan, kebanyakan bengkel memiliki automatic oiler pada sistem air supply. Tetapi jika bengkel tidak memilikinya, dapat melumasi air tool setiap hari dengan meneteskan oli sebelum digunakan.

Sebaiknya gunakan eye protection dan ear protection pada saat mengoperasikan air chisel. Posisikan agar tidak mengarah langsung ke pengguna dan pastikan benda kerja terpasang dengan benar pada meja kerja. Upayakan untuk tidak menarik trigger sebelum bit ditekan pada media kerja yang akan di potong.

Air Duster

Air duster atau blow gun merupakan tool yang paling sederhana diantara yang lain. Alat ini digunakan untuk membersihkan kotoran dan sepihan pada kendaraan atau benda kerja yang ingin dibersihkan, sistemnya dengan menyemprotkan udara bertekanan melalui katub yang dioperasikan oleh sebuah lever.

Grinding Wheel

Pada pekerjaan bengkel, grinding wheel dipasang pada gerinda bangku dan digunakan untuk menajamkan punch, dril dan chisel. Selain itu alat ini juga dapat berfungsi untuk membersihkan benda kerja yang di pasang bersamaan dengan wire wheel brush.

Share: