Cara Merawat Mesin Las

Didalam alat las terdapat komponen yang disusun dan dikendalikan oleh perangkat elektronik, komponen-komponen tersebut rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu penting untuk merawatnya dengan cara yang tepat.

Selain melakukan teknik pengelasan yang baik dan benar, mesin  ini perlu untuk dirawat dengan cara yang tepat agar mesin tetap bekerja secara optimal dan mempunyai umur kerja yang panjang.


Berikut ini tips cara merawat mesin las :

1. Selalu perhatikan sirkulasi udara pada kipas pendingin

Walaupun mesin sudah dilengkapi dengan sensor thermostat kelebihan panas dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada mesin. Sistem pendingin pada alat las memiliki peran yang penting oleh sebab itu pastikan sirkulasi udara pada kipas pendingin mesin berfungsi dengan baik untuk menjaga kestabilan suhu.

2. Jauhkan dari air dan kelembaban

Hindari dari air dan suhu yang lembab pada saat pengoperasian kerena hal ini dapat membuat sirkuit dalam mesin  yang mengakibatkan hubungan arus pendek atau konsleting pada mesin.

3. Hindari debu yang menumpuk pada alat las

Lakukan pembersihan secara rutin sebulan sekali, bersihkan bagian dalam mesin dengan menggunakan kuas bersih untuk menyapu debu yang menumpuk pada board sirkuit yang rentan terjadi konsleting.

4. Hindari benturan

sistem perkabelan dalam mesin dapat menjadi kendur apa bila mesin mengalami benturan yang kencang. Keadaan kabel yang kendur dapat menyebabkan kerusakan fatal.


Beberapa hal yang harus diperhatikan agar mesin las awet

1. Untuk menjaga keawetan mesin tidak di anjurkan menggunakan potensio pengaturan daya diputar secara penuh karena hal ini memaksa mesin bekerja secara maksimal. Gunakan ukuran kawat sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar kawat maka mesin semakin terbebani. Sebaiknya gunakan kawat sekecil mungkin namun sesuai dengan kebutuhan agar mesin awet dan tahan lama.

2. Alat las yang drop membebani regulator yang berfungsi menstabilkan tegangan yang berakibat merusak regulator power supply. Oleh sebab itu gunakanlah listrik yang stabil dan daya yang cukup agar mesin memiliki usia penggunaan yang panjang.

3. Pengunaan generator set  atau genset dengan daya yang minim atau pas-pasan dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin karena sering terjadi drop nya tegangan pada saat mengelas  dan terjadi lonjakan yang merusak komponen mesin.

 

Baca juga : Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin las inverter dan 3 jenis mesin las listrik

Share: